Home » , » Massa Desak DPRD Dukung Nama Ciamis Kembali Manjadi Galuh

Massa Desak DPRD Dukung Nama Ciamis Kembali Manjadi Galuh

Written By yun ciamis on 03 May 2017 | 9:50 PM

ciamiszone.com :
GEDUNG DPRD,-  Masyarakat Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam Paguyuban Galuh Sadulur terdiri dari para kabuyutan keturunan Kerajaan Galuh, tokoh masyarakat, akademisi dan mahasiswa, mendatangi Gedung DPRD Ciamis, mereka melakukan audensi membahas perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh, Rabu, (3/5/2017).

Senurut sejarawan yang juga akademisi Unpad Bandung, Prof. DR. A Sobarna Hardjasaputra, MA, dalam sejarah, nama Kabupaten Ciamis dulunya bernama Kabupaten Galuh.

“Nama  Galuh dalam sejarah dipakai nama kerajaan hingga nama kabupaten selama 10 abad, sementara nama Ciamis  sebagai  kota  pada tahun 1815 dan sebagai kabupaten baru pada 1915.  Kini nama Galuh banyak dipakai untuk nama perguruan tinggi hingga nama usaha, itu menunjukkan kebanggaannya dengan nama Galuh,” katanya di Gedung DPRD Ciamis, Rabu (2/5/2017).

Dijelaskannya, pergantian nama salah satu daerah memiliki  payung hukum, seperti Ujung Pandang menjadi Makasar,  Irian Barat menjadi Papua.

Sementara pengembalian nama Galuh dari Ciamis, dilandasi  kesejarahan dan hukum,  diharapkan dengan ditanggapinya usulan oleh DPRD  ini bisa mempercepat proses tahapan perubahan nama Ciamis menjadi Galuh. (Andik/cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com