Home » » Antisipasi Keselamatan, BNN Tes Urine Awak Angkutan Mudik Lebaran

Antisipasi Keselamatan, BNN Tes Urine Awak Angkutan Mudik Lebaran

Written By yun ciamis on 23 June 2017 | 4:33 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Dalam rangka mengantisipasi keselamatan berkendara menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, BNN Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Satres Narkoba Polres Ciamis dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan tes urine bagi awak kendaraan angkutan penumpang umum mudik Lebaran 2017 di UPTD  Terminal Ciamis, Kamis (22/6/ 2017).

Sebanyak 50 awak angkutan umum terdiri dari  sopir dan kernet diambil urinenya untuk diperiksa oleh petugas guna memastikan apakah mengkonsumsi narkoba atau tidak.

Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, SH., didampingi Kasi P2M BNNK Ciamis, Deny Setiawan, S.Sos., MM, Kasi Rehabilitasi sekaligus Plt. Kasi Pemberantasan BNNK Ciamis Aris Nuryana, S.Sos., Kasat Narkoba Polres Ciamis, AKP. Tambok Simanullang, SH., Sekertaris Dishub, H. Edy Yulianto, A.TD., MM menyampaikan, tujuan diadakan kegiatan tes urine ini bukan semata-mata kegiatan rutinitas atau kegiatan seremonial saja, tapi yang paling utama yaitu memberikan rasa aman kepada penumpang dengan cara mencegah jangan sampai ada sopir atau kernet kendaran umum yang disinyalir menggunakan narkoba yang dapat  membahayakan.

“Bukan hanya bahaya pada dirinya sendiri, tetapi juga pada penumpang, pengguna jalan yang lain bahkan orang-orang di sekitarnya. Insha Allah kalau kita mengantisipasi hal ini sedini mungkin, setidaknya ada peringatan atau memberikan efek jera bagi awak kendaraan umum supaya tidak melakukan hal-hal yang tidak baik yang dapat membahayakan keselamatan orang lain,” jelasnya.

Jika dari hasil tes urine ini ada sopir atau kernet yang terindikasi positif menggunakan narkoba akan dianalisis lebih lanjut mengenai jenis narkoba yang digunakan, apakah termasuk jenis tanaman atau sintetis.

Menurut Yaya, selanjutnya hasil dari tes urine ini akan diserahkan ke Dinas Perhubungan untuk ditindaklanjuti. Tindak lanjut awal dapat berupa sanksi tidak boleh melanjutkan perjalanan. Selanjutnya kita akan melakukan introgasi untuk mengetahui jenis dan alasan penggunaan narkoba tersebut.

“Kami berharap mudah-mudahan hasil tes urine ini menunjukan tidak ada sopir atau kernet yang menggunakan narkoba. Sehingga masyarakat yang menggunakan jasa angkutan umum yang akan mudik ke kampung halamannya dapat sampai ke tempat tujuannya dengan selamat dan dapat merayakan Idul Fitri 1438 H bersama keluarganya. Sampaikan salam kami untuk keluarga saudara semuanya. Semoga selamat dalam perjalanan,” harapnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com