Home » » Sampah Koran Jadi Berkah di Hari Raya Idul Fitri

Sampah Koran Jadi Berkah di Hari Raya Idul Fitri

Written By yun ciamis on 26 June 2017 | 1:26 PM

ciamiszone.com :
ALUN-ALUN,- Seperti biasannya, setiap tahun seusai pelaksanaan Sholat Ied, para jemaah yang menggunakan koran bekas sebagai alas sejadah saat Ied tidak dibawanya kembali pulang, tapi dibiarkan bererakan sehingga memenuhi kawasan halaman Mesjid Agung Ciamis, Alun-alun dan ruas Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Ir. H. Juanda serta ruas jalan lainnya yang digunakan Ied.

Justru, lautan koran bekas tersebut menjadi berkah tersendiri bagi mereka yang memanfaatkannya, selain itu “pasukan kuning” Dinas Kebersihan pun secara tidak langsung sangat terbantu dengan mereka yang ikut memungut koran-koran yang bersetrakan di setiap penjuru kawasan Alun-alun, sehingga proses pembersihan kawasan kota pun berlangsung cepat.


Di saat warga lainnya merayakan Hari Kemenangan, seorang nenek renta ikut mengais rejeki dari limbah koran yang tercecer, ia mengumpulkannya lembar demi lembar meski tertatih-tatih.

Petugas “pasukan kuning” Dinas Kebersihan pun ikut membantu sang nenek mengumpulkan koran-koran yang nantinya dirapihkan dan dijualnya.

Tidak hanya sang nenek, “pemulung” lainnya pun ikut sibuk memungut koran yang terhampar itu, bahkan mereka mambawa karung dan gerobak sebagai tempat penampungannya.

“Lumayan setiap tahun seusai Ied, limbah koran ini menjadi berkah bagi kami,” kata mereka.

Sementara jemaah Ied yang membiarkan koran bekas alas sejadahnya dibiarkan begitu saja, mengaku sengaja tidak membawanya kembali pulang, karena bukan berarti koran tersebut dibiarkan menjadi sampah mengotori kawasan alun-alun, tetapi sengaja agar bisa diambil oleh mereka yang membutuhkan.

“Sebelumnya saya selalu membawanya kembali, saya lipat dengan sejedah, tapi karena sekarang banyak orang-orang yang memungut, mungkin mereka perlu untuk dijual, jadi saya biarkan mereka ambil. Jadi manfaat buat mereka,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com