Home » » Sosialisasi Bahaya Narkoba BNNK Ciamis Sasar Pangandaran

Sosialisasi Bahaya Narkoba BNNK Ciamis Sasar Pangandaran

Written By yun ciamis on 22 June 2017 | 9:17 AM

ciamiszone.com :
PADAHERANG,- Ruang Lingkup wilayah kerja Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis bukan hanya di Kabupaten Ciamis, tetapi juga mencakup wilayah Banjar dan Pangandaran.

Untuk menciptakan masyarakat terbebas dari bahaya narkotika, BNNK Ciamis pun menyasar sampia wilayah Kabupaten Pangandaran, salahsatunya bekerjasama dengan Komunitas Keluarga Gerontik (KKG) Mahasiswa  Program Profesi Ners STIKes BINA PUTRA Banjar Angkatan XII, menggelar sosialisasi Bahaya Narkoba kepada masyarakat lingkup Desa Karangpawitan, Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Rabu (21/06/2017).

Di Aula desa setempat, sebanyak 50 peserta dari perwakilan Karang Taruna, tokoh masyarakat, pelajar dan perangkat desa, mengikuti sosialisasi bahaya narkoba dari BNNK Ciamis tersebut.

Dalam paparannya, sebagai narasumber dari BNNK Ciamis, Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, SH., memberikan materi berjudul “Kebijakan Penanganan Kejahatan Narkoba”.


Menurut Yaya, masalah narkoba sudah sangat mengkhawatirkan, apalagi Presiden Republik Indonesia mengatakan “Indonesia Darurat Narkoba”, sebab kejahatan atau penyalahgunaan narkoba akan berdampak lebih dahsyat terhadap kehidupan manusia apabila dibandingkan dengan perbuatan kejahatan lainnya yang sama-sama merugikan bangsa dan negara, misalnya saja kejahatan terorisme, KKN, perdagangan manusia (human trafficking).

Dijelaskannya, kejahatan-kejahatan tersebut muncul ketika manusia beranjak remaja hingga dewasa, sedangkan narkotika sudah muncul ketika manusia masih berada dalam kandungan ibunya.

“Jadi alangkah kejamnya kejahatan narkotika ini apabila dilihat dari daya rusaknya yang bisa mengenai semua lapisan masyarakat, wilayah sebaran luas, serta memiliki pasar yang potensial dan dapat menimbulkan kerugian jiwa dan mental. Oleh karena itu mari bersama-sama nyatakan perang pada Narkoba,” kata Yaya.

Menurutnya, dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) pihaknya siap bersinergi dengan pihak mana pun juga yang memilki visi dan misi yang sama yaitu menyelamatkan masyarakat khususnya generasi muda dari ancaman narkoba.

Mengingat permasalahan narkoba merupakan kejahatan luar biasa (exrtraordinary crimes), kejahatan lintas negara (transnational crimes) serta kejahatan serius (serious crimes) untuk itu segenap komponen bangsa dan negara untuk ikut serta dalam upaya P4GN, karena sudah diamanatkan dalam pasal 105 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, bahwa masyarakat mempunyai hak dan tanggungjawab dalam upaya P4GN.

Sementara Ketua KKG,  Ian Ismayana, S. KEP mengatakan, sosialisasi bahaya narkoba sebagai salah satu program kerja KKG untuk mengedukasi masyarakat dari berbagai permasalahan yang dihadapi, sehingga diharapkan dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan, termasuk masalah narkoba yang dewasa ini sangat mengkhawatirkan.

Kepala Desa Karangpawitan, Adis merespon positif kegiatan tersebut dan berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat lingkup Desa Karangpawitan, khususnya kepada generasi muda dari bahaya narkoba, sehingga  dapat memiliki daya tangkal untuk menolak penyalahgunaan  narkoba.

Sementara pihak kecamatan, Abdul Halim, SH., berpesan kepada peserta yang hadir untuk ikut mendukung upaya-upaya P4GN, serta jangan pernah coba-coba untuk menggunakan narkoba. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com