Home » » Sukarela Mandaftarkan Diri, Pecandu Narkoba Tidak akan Dipidana

Sukarela Mandaftarkan Diri, Pecandu Narkoba Tidak akan Dipidana

Written By yun ciamis on 20 June 2017 | 12:58 PM

ciamiszone.com :
BNNK,- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis menerima salah satu keluarga yang mendaftarkan diri secara sukarela  untuk mengajak putranya direhabilitasi.

Dengan kerelaaan mendaftarkan diri ke BNN untuk direhabilitasi, maka si pecandu tersebut dipastikan tidak akan dikenakan pidana. Selain itu juga akan digratiskan dalam proses rehabilitasnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Rehabilitasi, bnnk Ciamis, Aris Nuryana, S.Sos seraya berharap, penyalahguna/pecandu narkoba itu tidak malu mendaftarkan diri untuk mengikuti rehabilitasi. Seperti halnya salah satu keluarga yang datang ke BNNK Ciamis dengan sukarela mendaftarkan diri.

“Orang tersebut setelah dilakukan asessmen didiagnosa memiliki ganguan mental dan prilaku akibat penyalahgunaan alkohol dan obat sedatif-hipnotik” kata Aris, Senin (19/06/2017).


Pihaknya memastikan, pecandu yang mendaftarkan diri untuk rehabilitasi tidak dikenakan pidana.

“Selama ini pecandu narkoba yang ditangkap akan diproses, dipenjara baru kemudian direhabilitasi. Namun tidak begitu jika pecandu tersebut melaporkan diri secara sukarela, mereka akan mendapat rehabilitasi gratis,” tegasnya.

Selanjutnya penyalah guna/pecandu narkoba berinisial AR (21) yang didampingi  kerluarganya diantar  oleh pihak BNNK Ciamis ke Yayasan Ar-Rahmaniyyah di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, berdasarkan Pasar 54 UU No 35 Tahun 2009, pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Proses rehabilitasi tersebut diperlukan karena adanya anggapan dari masyarakat, penyalahgunaan narkotika adalah perbuatan kriminal yang menjadi aib keluarga dan harus mendapat hukuman penjara. Bahkan, masyarakat akan mengucilkan para pecandu narkotika.

Aris juga mengimbau masyarakat, orangtua atau wali pecandu narkotika untuk memiliki kesadaran berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, dan prekursor narkotika dengan cara melapor dan mengajak anak, saudara, kerabat dan tetangga, utamanya yang belum cukup umur untuk  mendapat pelayanan rehabilitasi di lembaga-lembaga yang berkompeten, baik pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, lembaga rehabilitasi maupun dinas sosial yang ditunjuk pemerintah. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com