Home » » Hati-Hati Hama Wereng di Musim Ekstrim

Hati-Hati Hama Wereng di Musim Ekstrim

Written By yun ciamis on 18 July 2017 | 4:44 PM

ciamiszone.com :
CIPAKU,- Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis mengimbau masarakat agar selalu berhati-hati dalam bercocok tanam di musim ekstrim seperti ini yang cuacanya selalu berubah-ubah ini, Selasa (18/07/2017).

Mengingat cuaca tak menentu di bulan Juli ini, membuat para petani kewalahan menghadapi wereng yang menimpa tanamannya. Mereka banyak warga mengeluh karena tanaman terkena hama wereng.

Mengatahui hal itu, petugas Dinas Pertanian pun turun meninjau ke berbagai pelosok Ciamis yang terkena wereng, dari mulai Cipaku, Jatinagara, Sukamanrti , Panjalu dan Sukadana.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Hj. Kustini pihaknya langsung  membentuk Tim Brigade yang bekerja sama dengan Brigade Propinsi untuk  melakukan gerakan pengendaliann dengan menggunakan pertisida.

“Kebetulan obat tanaman pestisida di kantor kami ada, baik dari pengadaan  propinsi maupun dari pengadaan kabupaten. Kita punya Briogade yang selalu siap untuk diturunkan,” katanya usai menghadiri acara peringatan Hari Krida Nasional ke-45 Tingkat Kabupaten Ciamis di Cipaku.

Menurut Kustini, setelah pihaknya meninjau ke lapangan, ternyata pada sejumlah tanaman petani sepintas tidak terlihat adanya hama  wereng, tetapi setelah ditelaah dan diperiksa, hama werengnya berada pada batangnya yang lama kelamaan wereng tersebut bisa menyebar sampai ke daun.

“Mudah-mudahan ini  hanya wereng imigrasai bukan wereng yang membahayakan dan membuat tanaman menjadi busuk,” katanya.

Dijelaksannya, tanaman yang selalu terkena wereng rata-rata yang ketinggian 15 cm atau yang baru berusia satu minggu.

“Semoga dengan pestisida tanaman para petani tidak lagi terkena wereng,” harapnya. (Aldi)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com