Home » » Sosialisasikan Bahaya Narkoba, BNN Sisir Perdesaan

Sosialisasikan Bahaya Narkoba, BNN Sisir Perdesaan

Written By yun ciamis on 13 July 2017 | 9:05 AM

ciamiszone.com :
PANAWANGAN,- Dalam mensosialisasikan penanggulangan bahaya narkoba, BNNK Ciamis menyisir wilayah perdesaan, salah satunya di Desa Natanegara, Kecamatan Panawangan, Rabu (12/7/2017).

Pemerintahan desa setempat bekerjasama dengan BNNK Ciamis menggelar sosialisasi Penanggulangan Bahaya Narkoba yang dihadiri 30 orang perwakilan dari perangkat desa, ibu-ibu PKK, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat dari dua dusun, yaitu Dusun Cisapi dan Parigembor di Aula Desa Natanegara.

Kepala Desa Natanegara, Abdul Rohman mengatakan, digelarnya sosialisasi sebagai langkah awal dan merupakan pencegahan dini bagi masyarakat Desa Natanegara, khususnya kalangan pemuda,

“Diharapkan dengan sosialisasi ini, khususnya para peserta yang hadir mampu memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang narkoba yang selanjutnya bisa menularkan informasi hasil kegiatan ini kepada masyarakat sekitar, minimal kepada keluarga dan tetangga, dengan harapan warga Desa Natanegara memiliki imunitas dalam menolak penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Sementara Kepala BNNK Ciamis, AKBP.Yaya Satyanagara yang hadir menjadi menjadi narasumber didampingi oleh Kasi P2M BNNK Ciamis Deny Setiawan, S.Sos., MM., dalam paparannya menjelaskan tentang apa itu narkoba, jenis-jenis dan dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia apabila disalahgunakan serta sanksi hukum bagi penyalahguna narkoba.

“Permasalahan narkoba merupakan kejahatan luar biasa (exrtraordinary crimes) yang dapat mengancam bagi wawasan nusantara kita, sebab kejahatan atau penyalahgunaan narkoba akan berdampak lebih dahsyat terhadap kehidupan manusia apabila dibandingkan dengan perbuatan kejahatan lainnya yang sama-sama merugikan bangsa dan negara, misalnya saja kejahatan terorisme, KKN, perdagangan manusia (human trafficking),” katanya.

Dijelaskan Yaya, kejahatan-kejahatan tersebut muncul ketika manusia beranjak remaja hingga dewasa, sedangkan narkotika sudah muncul ketika manusia masih berada dalam kandungan ibunya.

“Jadi alangkah kejamnya kejahatan narkotika ini, apabila dilihat dari daya rusaknya yang bisa mengenai semua lapisan masyarakat, wilayah sebarannya luas, dan memiliki pasar yang potensial sehingga dapat menimbulkan kerugian jiwa dan mental. Oleh karena itu mari bersama-sama nyatakan perang pada narkoba,” tegasnya.

Yaya pun  berharap, dengan kegiatan sosialisasi ini, minimal peserta yang hadir bisa menjadi imun dan mampu menolak terhadap penyalahgunaan narkoba serta kegiatan ini jangan sampai putus disini.

“Informasikan, kepada keluarga, sanak sodara, bahkan tetangga sekitar serta apabila ada yang menjadi pecandu dan korban penyalahguna narkoba diimbau agar segera dibawa ke BNN untuk direhabilitasi baik secara medis atau secara rehabilitasi sosial,” katanya.

Diakuinya, peran serta masyarakat dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sangat diperlukan karena BNN tidak bisa bergerak sendiri dalam menangani permasalahan narkoba ini. BNN siap bersinergi dengan pihak mana pun juga yang bertujuan sama yaitu menyelamatkan masyarakat khususnya generasi muda dari ancaman narkoba. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com