Home » » Aksi Donor Darah, Doervoer Peduli Thalasemia Bersama Relawan Herdiat

Aksi Donor Darah, Doervoer Peduli Thalasemia Bersama Relawan Herdiat

Written By yun ciamis on 09 August 2017 | 2:43 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Komunitas Doervoer Ciamis untuk kesekiankalinya menggelar aksi kemanusiaan donor darah, namun kali ini Doervoer menggelarnya di Posko Relawan H Herdiat “Bumi Galuh” Jalan Sudirmam Ciamis, Rabu (9/8/2017l.

Donor darah peduli Thalasemia yang digelar bersama dengan UDD PMI Ciamis dan relawan H Herdiat ini, merupakan kegiatan yang berlangsung untuk ke-36 kali.

Selama ini kegiatan donor darah yang diselenggarakan “Doervoer 100 Persen Ulin” tersebut selalu dilaksanakan di instansi pemerintah, swasta, sekolahan atau pun di kampus.

Kali ini, partisipasi pendonor tidak hanya dari kalangan anggota Doervoer yang rutin setiap tiga bulan, tetapi diikuti oleh hampir semua relawan Bakal Calon Bupati, H. Herdiat seperti Duriat, Heroik, Asli Ciamis Pisan, Masyarakat Pengemar Herdiat, Lasher dan Huis Semar ikut mendonorkan darahnya.

Bukan hanya pendukung H Herdiat, sejumlah pelajar, kalangan pegawai, dan masyarakat umum pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyumbangkan darahnya.

"Donor darah ‘Doervoer Peduli Thalaseimia’ ini merupakan aksi ke-36 kali. Kami rutin tiga bulan sekali melakukannya sejak Tahun 2008," kata Ketua Komunitas Doervoer 100 Persen Ulin, Unya disela-sela acara.

Dikatakan Unya, setiap menggelar kegiatan donor darah, tidak manargetkan berapa labu darah akan terkumpul, tetapi sebanyak-banyaknya. Rata-rata setiap kegiatan, berhasil mengumpulkan 130 labu.

"Pokoknya sebanyaknya, ini adalah kegiatan kemanusiaan yang sifatnya sukarela. kenyataannya selama ini animo menyumbang darah masih tetap tinggi," jelasnya.

Digelarnya aksi donor darah di “Bumi Galuh” sebagai Posko Relawan H Herdiat, menurut Unya, salahsatunya sebagai ungkapan syukur kepada semua Relawan H Herdiat atas kebanggaan warga Tatar Galuh Ciamis terkait besarnya Ciamis melalui sepakbola yang dipimpinya H Herdiat sehingga Ciamis dikenal dengan PSGC-nya.

"Kami ingin penggemar sepakbola dan relawan Herdiat selain mendonorkan darahnya, juga ikut mendukung dan memlih  Manager PSGC menjadi Bupati Ciamis, sehingga kedepan akan tampak lebih maju," paparnya.

Selain itu, Unya menambahkan, H Herdiat selain figur yang cocok untuk Ciamis satu, juga asli keturunan Ciamis.

Pelaksana UDD PMI Ciamis, Tete mengaku terbantu dengan aksi sosial donor darah yang dilakukan Doervoer, tidak dipungkiri membantu UDD dalam memenuhi permintaan darah.

"Rata-rata per bulan, kami membutuhkan 600 labu. Awal 2017 kami sempat mengalami kekosongan, karena banyak sekolah libur. Sekarang sudah mulai ada kegiatan rutin donor lagi," katanya.

Menurut Tete, dari kebutuhan sekitar 600 labu darah per bulan, sebagian untuk melayani penderita Thalasemia yang saat ini di Ciamis jumlah penderitanya sekitar 160 orang. Penderita penyalit kelainan darah tersebut setidaknya melakukan tranfusi dua kali sebulan.

"Saat kami mengalami kekurangan, terpaksa minta bantuan daerah lain. Demikian pula sebaliknya saat kami punya stok, juga membantu daerah lain yang membutuhkan. Untuk penderita Thalasemia, kadang kami juga minta keluarga pasien membawa pendonor," pungkasnya.  (Voy)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com