Home » » BPBD Ciamis Akan Bentuk TRC

BPBD Ciamis Akan Bentuk TRC

Written By yun ciamis on 31 August 2017 | 11:02 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Sejak berdiri November 2009, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis baru akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bertugas dengan cepat turun langsung ke lokasi bencana.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kab. Ciamis, Ani Supiani, TRC dibutuhkan ketika terjadi bencana di daerah dan akan bertugas turun ke lapangan dalam 3 sampai 7 hari pertama.

Dijelaskan Ani, nantinya TRC bertugas melaksanakan kaji cepat dan tepat bencana yang terjadi, dan dampak bencana pada saat tanggap darurat meliputi penilaian kebutuhan, kerusakan, kerugian dan memberikan dukungan pendampingan.

Sementera fungsinya, TRC akan melaksanakan pengkajian awal segera setelah terjadi bancana pada saat tanggap darurat. Membantu Satkorlak atau Satlak BPBD Kabupaten, dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara periodik kepada Kepala BPBD.


Menurut Ani, setiap laporan cepat dari daerah terkait terjadinya bencana akan langsung ditindaklanjuti dengan menurunkan TRC ke lokasi untuk menetapkan status dan tingkat bencana.

“Nantinya ditindaklanjuti dengan penugasan TRC lebih lanjut sesuai arahan Kepala BPBD, untuk melakukan penyelamatan, evakuasi, penyaluran bantuan logistik lainnya dengan satu komando,“ tegasnya saat melakukan sosialisasi rencana pembentukan TRC di Aula BPBD Kab. Camis, Kamis (31/8/2017).

Untuk membentuk TRC tersebut, menurut Ani diperlukan kerjasama dengan berbagai steakholder, terutama terkait masalah anggaran akan melibatan perbankan.

Sementara untuk anggota TRC, disyaratkan selain sehat jasmani dan rohani juga diutamakan sudah mengikuti pelatihan atau workshop TRC, dan bagi yang belum pernah mengikuti pelatihan, nantinya  bisa mengikuti, biasanya pelatihan dilaksanakan di BPBD Porvinsi.

“Selain itu anggota pun diharapkan mempunyai pengalaman dibidang kedaruratan, atau bisa saja nanti dilakukan kegiatan pelatihan tentang ke-TRC-an,” katanya.

Anggota juga harus siap ditugaskan ke lokasi bencana antara 3 sampai 7 hari, dalam 7 hari tersebut harus sudah bisa mengevaluasi apa yang harus dilakukan untuk tahapan selanjunya.

Diharapkan, TRC BPBD Kabupaten Ciamis akan segera terbentuk untuk melakukan penanggulangan bencana yang terjadi di Kabupaten Ciamis dengan tepat dan cepat. (cZ01)*  
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com