Home » » Guru Besar UPI Kenalkan Sistem Pembiayaan Berbasis Aktifitas Pembelajaran

Guru Besar UPI Kenalkan Sistem Pembiayaan Berbasis Aktifitas Pembelajaran

Written By yun ciamis on 09 August 2017 | 6:32 PM

ciamiszone.com :
WISMA PGRI,- Kebijakan alokasi untuk anggaran pendidikan di setiap instansi pendidikan saat ini masih belum jelas dan belum tepat sasaran, padahal anggaran pendidikan harus digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan. Salah satunya dengan menerapkan sistem baru, yakni sistem pembiayaan berbasis aktifitas pembelajaran.

"Selama ini masih banyak pemangku kebijakan membuat kebijakan tidak jelas, seharusnya berorientasi kepada mutu pendidikan dan tepat sasaran peruntukannya," kata Guru Besar UPI Bandung, Nanang Fatah seusai menjadi pemateri dalam seminar “Managemen Pembiayaan Pendidikan” yang digelar sebagai pengabdian Masyarakat UPI Bandung bersama Dinas Pendidikan Ciamis, kepada para Kepala Sekolah, Kepala UPTD, Komite serta para Kepala UPTD Pendidikan se-Kabupaten Ciamis di Aula Wisma PGRI Ciamis, Rabu (9/8/2017).

Menurut Nanang, bila pendidikan ingin maju maka anggaran yang digunakan harus memprioritaskan kepada pembiayaan pendidikan yang jelas, setelah merima anggaran dari APBN maupun APBD maka harus di manage dengan baik.

"Salah satu solusinya dengan konsep sistem pembiayaan berbasis aktifitas pembelajaran. Sistem ini baru kami kenalkan di Ciamis, padahal ini skalanya nasional, padahal Bandung meminta tetapi kami memilih Ciamis," tuturnya.

Harapannya, setelah diberikan pengetahuan mengenai sistem managemen pendidikan baru ini, sekolah-sekolah maupun lembaga pendidikan di Kabupaten Ciamis dapat mengadopsi dan mengaplikasikannya mulai dari revisi anggaran.

"Tentunya ini harus dikomunikasikan antara Dewan, Bapeda dan Dinas Pendidikan agar 20 persen anggaran pendidikan bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan mutu pendidikan," jelasnya.

Sementara Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP pada Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, Tedy Ardisah menilai, sistem pembiayaan berbasis aktifitas pembelajaran yang baru dikenalkan ini sangat fokus kepada mutu pendidikan.

"Sekolah berbasis mutu akan tercapai oleh semua sekolah di Ciamis ini, tentu sistem ini bisa diterapkan di Kabupaten Ciamis. Akan kami usulkan kemudian dibuat tim sehingga akan ada implementasi penularan sekolah-sekolah," katanya.

Menurutnya, Kabupaten Ciamis selama ini masih menerapkan aturan lama anggaran dari pusat yang turun digunakan masih satu komando. Dengan sistem baru tersebut bisa lebih tepat sasaran, sangat jelas dan transparan. (Voy)**
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com