Home » » Harganas Tingkat Kabupaten Ciamis Digelar di Makodim

Harganas Tingkat Kabupaten Ciamis Digelar di Makodim

Written By yun ciamis on 08 August 2017 | 7:01 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV mesti dijadikan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi atas upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas keluarga di Kabupaten Ciamis.

Hal itu dikatakan Assisten 2 Setda Ciamis, Drs. HM Soekiman saat mewakili Bupati Ciamis pada kegiatan puncak Harganas XXIV dan Hari Anak Nasional di Makodim 0613 Ciamis, Selasa (8/8/2017).

Menurutnya, Pemkab Ciamis melalui intansi terkait perlu terus meningkatkan kesadaran setiap keluarga agar selalu memperbaiki kualitas keluarga secara berkelanjutan.

"Harganas merupakan kegiatan yang sangat strategis sekaligus dalam rangka evaluasi sejauh mana program kependudukan dan pemberdayaan keluarga dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia," jelasnya.

Pihaknya mengapresiasi seluruh pihak yang telah berhasil menekan angka kelahiran di Kabupaten Ciamis, sehingga pertumbuhan penduduk bisa terkontrol.

"Yang terpenting adalah walaupun jumlah penduduk Ciamis sedikit namun berkualitas, ini yang diharapkan dari program keluarga berencana (KB)," katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis, Drs. H Dondon Rudiana, M.Si menyatakan, kegiatan peringatan Harganas dan Hari Anak Nasional ini menjadi agenda tahunan Pemkab Ciamis.

Peringatan Harganas ke XXIV tingkat Kabupaten Ciamis mengambil tema "Melalui Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan".

"Tahun ini kita bersama Kodim 0613 Ciamis menggelar peringatan Harganas, Hari Anak sekaligus launching bakti TNI KB," ungkapnya.

Menurut Dondon, selama ini program pengendalian kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga tidak semata-mata mengajak pasangan usia subur untuk menjadi peserta KB saja, akan tetapi program terus dikembangkan dalam keluarga agar menjadi keluarga bahagia dan sejahtera.

Yaitu setiap keluarga harus mampu menghayati, memiliki dan berperan dalam delapan fungsi keluarga.

Delapan fungsi keluarga dimaksud, yakni agama, sosial budaya, fungsi cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan pelestarian lingkungan. Dilakukan dalam bentuk pendidikan, pengasuhan, pembiasaan dan keteladanan.

"Kita sudah bentuk wadah atau kelompok-kelompok untuk pembinaan keluarga, mulai dari kelompok bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia di tiap desa, tujuanya agar mereka bisa mengaplikasikan 8 fungsi keluarga," katanya.

Setiap keluarga diharapkan bisa menunjukan keterampilan, olah pikir, dan pengetahuan, sehingga mampu melakukan pengasuhan anak yang baik, melaksanakan delapan fungsi keluarga, meningkatkan pendapatan keluarga, saling berbagi dan peduli dengan keluarga yang lain dan masyarakat di sekitar. (Voy)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com