Home » , » Pelihara dan Lestarikan Seni Teater, Disbudpora Gelar Workshop

Pelihara dan Lestarikan Seni Teater, Disbudpora Gelar Workshop

Written By yun ciamis on 30 August 2017 | 10:28 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Untuk memelihara dan melestarikan potensi seni budaya, khususnya bidang teater di Kabupaten Ciamis, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis menggalar Workshop Kreativitas Teater untuk Praktisi Seni di Sanggar Seni Rengganis, Rabu (30/8/2017).

Workshop yang resmi dibuka Kepala Disbudpora Kabuaten Ciamis, Max Sofyan itu diikuti sedikitnya 80 orang praktisi seni teater di Ciamis, terutama dari kalangan pelajar.

Menurut Max Sofyan, diharapkan dengan workshop ini para praktisi seni mampu memelihara dan melestarikan budaya khususnya seni teater di Kab. Ciamis.

“Workshop digelar untuk melestarikan, mengembangkan, memanfaatkan potensi daerah. Keberadaan Disbudpora yang mulai terbentuk sejak Januari 2017 ini diantaranya membidangi kesenian, kesejarahan, cagar budaya dan kemusieuman,” katanya.

Menurut Max, karya keanekaragaman budaya patut dilestarikan, khususnya seni teater, dengan cara workshop ini untuk pemahaman karakter manusia secara sosialis dan humanis.

Dijelaskannya, kehidupan bisa digambarkan dengan seni teater, sehingga dirinya secara pribadi sangat kagum dan mengapresiasi berbagai karya praktisi dan penggiat seni teater di Ciamis.

“Saya secara pribadi kagum dan sangat mengapresiasi terhadap sejumah karya-karya praktisi dan penggiat seni tearer di Ciamis. Karena saya sendiri belum tentu bisa mendalami apa yang mereka lakukan,” katanya.

Max mengharapkan, dengan workshop ini seni teater mampu dipahami dan dikmaknai dalam kehidupan sehari-hari yang sebenarnya.

“Dengan mengimplikasikan seni dalam kehidupan yang sebenarnya akan tercipta masyarakat Tatar Galuh yang dinamis dan sejahtera dalam segala hal,” tegasnya.

Workshop menghadirkan tiga narasumber dari alumni Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) diantaranya, Tatang Pahat (Praktisi Seni Terater Kabupaten Tasikmalaya) dengan materi Proses Kraetif dan Produksi Pagelaran Teater, Jaro X Yus (Unigal Ciamis) denga materi Praktek Seni Peran meliputi olah tubuh, olah vocal dan olah sukma. Narasumber ketiga, Didon Nurdani (Praktisi Seni Tetaer Kabupaten Ciamis) dengan materi Konsep Teknik Pagelaran dan Pemeranan. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com