Home » » Pembinaan Karang Taruna Desa Janggala tentang Bahaya Narkoba

Pembinaan Karang Taruna Desa Janggala tentang Bahaya Narkoba

Written By yun ciamis on 10 August 2017 | 5:18 PM

ciamiszone.com :
CIDOLOG,- Pemerintah Desa Janggala, Kecamatan Cidolog bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang Bahaya Narkoba, di Aula Desa Janggala, Kamis (10/8/2017).

Sebanyak 40 peserta hadir mewakili enam dusun di Desa Janggala terdiri dari tokoh masyarakat dan pemuda Karang Taruna Yogswara.

Kepala Desa Janggala, Edis Suhendi mengakui, kegiatan bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2017 dalam rangka pembinaan kepada pemuda-pemudi khususnya tentang bahaya narkoba.


“Tujuannya agar para pemuda-pemudi Desa Janggala memiliki pemahaman dan pengetahuan lebih lanjut tentang dampak narkotika dan zat adiktif lainnya bagi kesehatan, dan mereka juga bisa mengetahui sanksi hukumnya apabila menyalahgunakan markoba,” katanya.

Mewakili Camat Cidolog, Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Rachmat   mengapresiasi kegiatan yang digelar Desa Janggala.

“Kegiatan ini murupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah desa dalam membangun mental pemudanya supaya dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba, sehingga diharapkan dari kegiatan ini dapat terciptakan lingkungan yang bersih narkoba,” katanya.


Sebagai nara sumber, Kasi P2M BNNK Ciamis, Deny Setiawan,S.Sos., M.M., menyampaikan materi dengan judul Bahaya Penyalahgunaan Narkoba.

Deny menjelaskan tentang apa itu narkoba, jenis-jenisnya dan bahayanya terhadap kesehatan tubuh, serta sanksi hukum apabila narkoba disalahgunakan.

Diharapkan peserta dapat memiliki sikap positif terhadap bahaya narkoba, serta terampil dan mampu menolak baik menyalahgunakan maupun mengedarkan, mengingat ancaman pidana bagi pelaku kejahatan narkoba sangatlah keras.

Namun bagi mereka para penyalahguna atau pecandu narkoba berlaku humanis, hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, bahwa pecandu atau penyalahguna narkotika wajib menjalani rehabilitasi.

Deny berpesan kepada peserta, jangan pernah mencoba karena sekali mencoba narkoba akan ketagihan, dan tidak ada kata sembuh bagi seseorang yang telah menggunakan narkoba, suatu waktu akan kambuh kembali (relapse).

Dia berharap, semua pihak untuk berkomitmen bersama dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) untuk melindungi generasi bangsa terbebas dari bahaya narkoba, mulai dari lingkungan keluarga, pendidikan dan lingkungan masyarakat. Sehingga dapat terciptanya satu kondisi lingkungan yang bersih dari narkoba. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com