Home » » 1000 Pelajar Dapat Bantuan Paket Alat Sekolah

1000 Pelajar Dapat Bantuan Paket Alat Sekolah

Written By yun ciamis on 12 September 2017 | 2:22 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Sebanyak 1000 siswa di Kabupaten Ciamis mendapat bantuan paket alat sekolah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis. Sumbangan ini berasal dari program infaq Rp2.000 yang disatukan dengan pengumpulan sakat Fitrah  beberapa waktu lalu.

Ketua IV Bidang Administrasi, SDM dan Umum, Iif Taufiq El Haque mengatakan, bantuan alat sekolah ini untuk siswa yang kurang mampu. Sumbernya dari infaq Rp2.000 yang saat bulan Ramadhan lalu disatukan dengan zakat Fitrah. Pihak Baznas mengakui dalam program tersebut kurangnya sosialisasi.

Namun dalam realisasinya, sekitar 44 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Ciamis ikut menyumbangkan sebagian rezekinya Rp2.000 tersebut. Sehingga terkumpul Rp1.2 miyiar. Namun yang dikelola oleh Baznas Ciamis hanya Rp1.000 atau totalnya Rp615 juta.

"Sedangkan untuk Rp1.000 lagi itu dibagi untuk desa Rp500 dan untuk kecamatan Rp500, yang nantinya akan dikelola untuk berbagai kegiatan keagamaan," kata Iif saat penyerahan bantuan di Kantor Baznas Ciamis, Selasa (12/9).

Menurutnya, dari Rp615 juta tersebut sebanyak 70 persennya digunakan untuk bantuan pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 43 unit bisa terbangun. Sedangan selebihnya digunakan untuk 1000 paket bantuan alat sekolah.

"Memang jumlah paket ini kalau untuk skala Kabupaten Ciamis terbilang sedikit karena memang keterbatasan. Kedepan diharapkan masyarakat secara ikhlas berpatisipasi dalam program infaq lainnya," ungkapnya.

Disamping itu, saat ini tengah berjalan program kencleng di setiap sekolah-sekolah. Meskipun baru sebulan dilaksanakan sudah menunjukan hasil yang baik. Bahkan ada SMP di Ciamis dalam sebulan infaq siswa mencapai Rp9 juta.

"Dalam paket ini selain tas, buku dan alat tulis juga dilengkapi Al Quran untuk memotivasi anak-anak dalam membaca Al Quran. Jadi infaq Rp2.000 ini tidak sia-sia," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Wawan S Arifien mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Baznas terhadap siswa kurang mampu di Kabupaten Ciamis.

“Diharapkan bantuan tersebut dapat terus mengalir untuk meringankan para siswa yang kurang mampu dalam menunjang pendidikannya,” katanya. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com