Home » » Diinformasikan Tidak Lolos Pemilu, Kader PBB Diimbau Tenang

Diinformasikan Tidak Lolos Pemilu, Kader PBB Diimbau Tenang

Written By yun ciamis on 21 October 2017 | 9:18 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Informasi tidak lolosnya Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai peserta Pemilu 2019 yang beredar di medsos, ditanggapi serius oleh DPC PBB Kab. Ciamis yang langsung mengimbau keluarga besar PBB untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi-informasi yang tidak benar atau hoax.

“Kita harus tetap tenang, jangan terpengaruh informasi hoax yang bertujuan untuk melemahkan semangat juang kita. Bahkan DPP PBB sedang melakukan upaya-upaya untuk menyelesaikan persoalan ini,” kata Ketua DPC PBB Kab. Ciamis, Hans Handiyana Ekawarsa, Sabtu (21/10/2017).

Dijelaskan Hans, sebagaimana diviralkan PBB beserta 12 parpol lainnya tidak lolos dan hanya 14 parpol yang lolos menjadi peserta Pemilu 2019, itu tidak benar, yang benar adalah 14 parpol diterima berkas pendaftarannya, sementara PBB dengan 12 parpol lainnya belum diterima karena berkasnya dianggap tidak lengkap oleh KPU.

Yang harus dipahami, menurut Hans, walaupun 14 parpol sudah diterima berkasnya, tidak otomatis dinyatakan sebagai peserta Pemilu 2019, karena masih ada tahapan lainnya yang harus ditempuh, yaitu verifikasi administrasi dan faktual.

Begitu pun PBB dengan 12 parpol lainnya tidak otomatis dinyatakan bukan peserta Pemilu 2019, karena masih ada peluang-peluang atau upaya yang bisa dilakukan.
Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019 akan diumumkan oleh KPU sekitar Februari 2018, setelah tahapan verifikasi administrasi dan faktual selesai dilaksanakan.

Ditegaskan Hans, DPP PBB sesuai Press Release Ketua Umum pada 20 Oktober 2017 pukul 09.00, DPP sudah mengadakan rapat dan menyusun langkah untuk  membawa persoalan pendaftaran Pemilu PBB yang terhambat ke Bawaslu.

“PBB memang belum masuk ke sengketa melawan KPU di Bawaslu, karena keputusan KPU bahwa kita lolos atau tidak lolos Pemilu itu memang belum ada dan masih jauh waktunya dari sekarang,” tegas Hans dalam rilisnya.

Dijelaskan, DPP PBB sudah membahas pengajuan “Laporan Pelanggaran” ke Bawaslu terhadap permasalahan PBB yang telah memasukkan data elektronik ke SIPOL, tetapi mengalami hambatan karena sistem KPU yang sering up and down, disamping alangkah mudahnya sistem SIPOL itu dihack oleh para hackers, sehingga data yg sudah masuk tiba-tiba berubah atau malah hilang sama sekali.

DPP PBB akan meminta minta Bawaslu membandingkan data hardcopy yamng sudah lengkap dimiliki PBB dengan data yang sudah diterima oleh KPUD-KPUD di seluruh Indonesia dengan data yang ada di SIPOL KPU.

Dengan perbandingan itu, DPP PBB akan minta Bawaslu untuk  memediasi atau mencari penyelesaian yang bijak melalui musyawarah antara PBB dengan KPU, atau Bawaslu mengambil keputusan sendiri untuk memerintahkan KPU memeriksa ulang seluruh data PBB yang ada untuk diambil keputusan.

“Sampai detik ini belum ada keputusan KPU bahwa partai tertentu lolos ikut Pemilu 2019 dan partai tertentu tidak lolos. Terlalu prematur mengatakan demikian. Yang ada sekarang hanyalah partai yang datanya sudah lengkap dan yang belum lengkap diserahkan ke KPU, sementara hal itu masih merupakan sesuatu yang diperdebatkan dan belum ada keputusan resmi dari KPU,” tegas Hans yang mengaku pihaknya sudah melakukan pemdaftaran DPC PBB Kab. Ciamis ke KPUD Ciamis, Senin (16/10/2017) sesuai batas waktu tahapan di KPU.

“Mari kita berdo'a dan berharap, semoga Allah selalu menyertai setiap langkah kita. Allah tdk pernah menjanjikan bahwa langit itu selalu biru, bunga selalu mekar dan mentari selalu bersinar. Tapi ketahuilah, Allah selalu memberi pelangi di setiap badai, secercah cahaya Bulan Bintang untuk kegelapan. Senyum disetiap air mata, berkah disetiap cobaan dan jawaban disetiap do'a. Jangan pernah menyerah, teruslah berjuang,”  pungkas Hans. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com