Home » » Kurangi Remaja Korban Lakalantas, Dishub Sasar Guru PAUD/TK

Kurangi Remaja Korban Lakalantas, Dishub Sasar Guru PAUD/TK

Written By yun ciamis on 24 October 2017 | 12:16 PM

ciamiszone.com :
CIHAURBEUTI,- Banyaknya kejadian dengan korban kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) usia remaja, membuat Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Polres dan Jasa Raharja menggelar pelatihan etika berlalulintas kepada guru PAUD/Taman Kanak-kanak se-Priangan di kawasan di Waterboom Sukahaji, Cihaurbeuti, Ciamis.

Sekretaris Dishub Ciamis, H. Edy Yulianto mengatakan, perlunya pengetahuan etika berlalulintas dari usia dini, pasalnya banyaknya kejadian kecelakaan dengan korban ‎usia remaja.


“Pelatihan etika berlalulintas yang digelar selama tiga hari dengan menghadirkan pemateri dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Politeknik Keselamatan Transpotasi Jalan. Diharapkan para guru dapat menjadi corong penyambung dan menyampaikan hasil pelatihan tersebut kepada anak-anak usia dini,” katanya, Selasa (24/10/2017). 

Dijelaskannya, kegiatan serupa sudah dua kali digelar, sesuai amanat Intruksi Presiden tentang dekade aksi keselamatan, terutama pilar ketiga dari Rencana Undang Undang Nasional Keselamatan (RUNK), yaitu manusia yang berkeselamatan, penanaman etika atau budaya tertib lalu lintas dari sejak usia dini melalui Bimbingan Teknik (Bimtek) kepada guru PAUD/TK.


“Bimtek ini sangat tepat, karena nantinya bapak serta ibu guru yang sebagai peserta bimtek akan mengajarkan pada anak usia emas. Jadi bagaikan mengukir pada batu akan terus teringat sampai dewasa,” katanya. 

Dalam Bimtek etika berlalulintas tersebut, panitia penyelenggara membuat acara dengan semenarik mungkin, ini dilakukan panitia agar peserta dapat dengan cepat menyerap apa yang disampaikan, tak hanya itu, peserta pun disuguhi simulasi dan games-games terkait lalu lintas.

“Kami lakukan agar para peserta tak jenuh, dan untuk simulasinya, dapat digunakan dalam mengajar kepada anak-anak didiknya nanti,” kata Edy.

Dijelaskannya, kegiatan ini akan terus menjadi agenda tahunan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dalam mencerdaskan anak bangsa yang beretika berlalulintas, sehingga nantinya tercipta pengguna jalan yang ramah dan santun dan beretika di jalan. (Andik ST)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com