Home » » Pindahnya MTQ ke Ciamis, Realisasi Program Bupati Ciamis?

Pindahnya MTQ ke Ciamis, Realisasi Program Bupati Ciamis?

Written By yun ciamis on 27 October 2017 | 2:35 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Jelas sudah, berpindahnya tempat penyelenggaraan MTQ 2017 Tingkat Kabupaten Ciamis yang sebelumnya ditetapkan di Kecamatan Kawali dengan tiba-tiba melalui musyawarah LPTQ menyepakati menjadi di Kecamatan Ciamis, adalah program Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin yang direalisasikan oleh Sekda Ciamis, H. Asep Sudarman yang secara ex  officio adalah Ketua Umum LPTQ Kab. Ciamis.

Hal itu diungkapkan Tokoh Warga Kawali, H. Daday Andalas usai mengikuti audiensi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ciamis, Jumat (27/10/2017).

Menurut tokoh seni di Kawali itu, kesimpulan tersebut tercermin dalam pertemuan dengan Kepala Kemenag yang sangat jelas mengungkapkan adanya program Bupati Ciamis untuk melakukan perubahan tempat penyelenggaraan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Ciamis, yang tahun-tahun sebelumnya dilakukan secara bergilir di setiap kecamatan, berubah sistem pergilirannya, menjadi setelah digelar di kecamatan tahun berikutnya digelar di kabupaten (Kec. Ciamis) dan berikutnya kembali di kecamatan yang menyatakan siap dan seterusnya.

“Mengingat Sekda adalah ex officio Ketua Umum LPTQ Kab. Ciamis maka sebagai seorang Sekda memang sudah sepantasnya untuk merealisasikan program Bupati tersebut, namun sangat disayangkan saya nilai musyawarah LPTQ yang menyepakati berpindahnya tempat penyelenggaraan MTQ itu tidak sah, karena tidak melibatkan pihak-pihak yang sebelumnya sudah menyepakati MTQ 2017 di Kawali,” jelasnya.

Daday juga menyayangkan, musyawarah LPTQ sebelumnya tidak melakukan check recheck dulu terhadap persiapan Kawali, sudah sejauh mana persiapan jelang pelaksanaan MTQ 2017 sejak ditetapkan dua tahun silam itu.

“Yang menetapkan Kawali menjadi tuan rumah MTQ itu bukan orang Kawali, tetapi sejumlah Ketua LPTQ Kecamatan, para tokoh ulama dan juga panitia MTQ 2015 di Rancah dua tahun lalu. Namun saya punya keyakinan, dipindahkannya penyelenggaraan MTQ dari Kawali adalah kesepakatan antara Bupati dan Sekda,” tegasnya.

Meihat kondisi seperti itu, diakuinya, pelaksanaan Kawali menjadi tuan rumah MTQ 2017 sudah satu keharusan karena sejumlah perispaan sudah dilakukan.

“Pokoknya tahun 2017 MTQ harus digelar di Kawali, dan saya bersama pihak lainnya akan menghadap Bupati ke Pondopo, Senin mendatang,” tegasnya.

Sementara Kepala Kemenag Kab. Ciamis, Yusron Kholid tidak memungkiri adanya program Bupati Ciamis terkait tempat penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Ciamis dari sebelumnya bergiir di setiap kecamatan, ada wacana untuk berubah sistemnya menjadi setelah di kecamatan selanjutnya digelar di kabupaten (Ciamis Kota) dan berkutnya kembali di kecamatan.

“Terkait tempat dan waktu bukan kewenangan saya selaku Wakil Ketua LPTQ, tapi itu kewenangan Bupati,” katanya.

Diakui Yusron, jika program tersebut diberlakukan alangkah baiknya jika berawal dari tahun ini digelar di Kecamatan Kawali, setelah itu dua tahun berikutnya digelar di kabupaten (Ciamis Kota), lalu kembali di kecamatan dan seterusnya terus bergulir.

“Penetapan hasil musyawarah LPTQ belum menjadi putusan final, karena Bupati belum mengeluarkan SK-nya, jadi masih terbuka lebar Kawali menjadi tuan rumah MTQ 2017 Tingkat Kabupaten Ciamis yang rencananya akan digelar November mendatang,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com