Home » » Ciamis Wujudkan Layanan Rehabilitas Narkoba Profesional

Ciamis Wujudkan Layanan Rehabilitas Narkoba Profesional

Written By yun ciamis on 16 November 2017 | 11:23 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Untuk mewujudkan layanan rehabilitas narkoba yang profrdional, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melalui Seksi Rehabilitasi menggelar Rapat Koordinasi tingkat Kabupaten Ciamis di Aisyah Meeting Room The Priangan Hotel Ciamis, Kamis (16/11/ 2017).

Rakor melibatkan instansi pemerintah terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kejaksaan Negeri Ciamis, Polres Ciamis, Bagian Kesra Setda Ciamis, Rumah Sakit Umum Daerah Ciamis, PKM Cijeungjing, PKM Panumbangan dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) Yayasan Serba Bhakti Suryalaya, Inabah 17, Inabah 18, Inabah 24, Inabah 25, Yayasan Sirnarasa (Inaba II Putri), Yayasan Ar Rahmaniyyah, dan perwakilan Satgas Penanggulangan Narkoba Kecamatan Panjalu.

Kepala BNNP Jawa Barat, Brigjen Pol. Drs. Rusnadi sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan ini dengan judul materi “Kebijakan dan Strategi P4GN Di Jawa Barat”.

Dalam paparannya, Rusnadi menyampaikan empat strategi P4GN melalui Demand Reduction, yaitu Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika kepada masyarakat; Pemberdayaan Masyarakat dalam P4GN; Mendorong Pecandu Narkotika melaporkan diri untuk direhabilitasi, Melakukan Rehabilitasi Medis dan Sosial serta Pasca Rehab.

Disampaikan juga juga empat Strategi P4GN melalui Supply Reduction, yaitu memberantas jaringan peredaran gelap narkotika, melakukan kerja sama internasional, memperkuat interdiksi mencegah masuknya narkotika, membuat miskin jaringan dan sindikat narkotika


Menurut Rsunadi, rehabilitasi merupakan serangkaian upaya pemulihan ketergantungan bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika yang mencakup rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan layanan pascarehabilitasi yang dilakukan secara kontinu dalam satu kesatuan layanan yang terintegrasi.

“Dukungan Instansi Pemerintah terkait dalam pelaksanaan rehabilitasi di Kabupaten Ciamis sangat dibutuhkan. Diharapkan kedepannya  adanya dukungan dari instansi pemerintah terkait untuk standarisasi layanan di lembaga rehabilitasi,” katanya.

Sementara Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, SH., menyampaikan materi yang berjudul “Pahami Bahaya Narkoba kenali Penyalahgunaannya dan segera Rehabilitasi guna mewujudkan P4GN bersama BNN”.

Selain menerangkan narkoba beserta jenis dan bahayanya, Yaya juga menyampaikan, apabila ada  keluarga, kerabat dan teman yang terlanjur menjadi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba, segara untuk melapor kepada pihak terkait atau langsung kepada BNN untuk direhabilitasi baik secara Rehabilitasi Medis atau Rehabilitasi Sosial.

Menurutnya, tidak ada tempat bagi pengedar dan bandar narkoba, sedangkan bagi pecandu dan korban penyalahguna kita obati dengan cara direhabilitasi, sesuai dengan amanat Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika pasal 54, bahwa pecandu narkotika dan korban penyalahguna narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Menurut Kasi Rehabilitasi BNNK Ciamis, Aris Nuryana, S.Sos., kegiatan yang bertemakan “Mewujudkan Layanan Rehabilitasi yang profesional” diharapkan dapat meningkatkan sinergitas implementasi kebijakan antar instansi  dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN), khususnya dalam pelayanan Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba.

Kegiatan juga untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (LRIP) dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) dalam upaya P4GN serta mewujudkan layanan rehabilitasi penyalahguna narkoba yang professional di Kabupaten Ciamis. (BNNK)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com