Home » » Tembus Pasar Asia Pasifik Harus Ada Sinergitas Promosi Pariwisata

Tembus Pasar Asia Pasifik Harus Ada Sinergitas Promosi Pariwisata

Written By yun ciamis on 08 November 2017 | 5:14 PM

ciamiszone.com :
TYARA,- Pariwisata merupakan potensi unggulan yang bisa diandalkan sebagai penghasil PAD, bahkan disebut-sebut sebagi sumber devisa baru pengganti BBM dalam skala nasional. Pariwisata disebut sebagai ranah yang seksi untuk dikembangkan dan mampu menghasilkan pendapatan baru bagi sebuah daerah.

Pengembangan sektor wisata di Kabupaten Ciamis setelah Pangandaran lepas, menjadi sebuah pekerjaan yang besar. Memang, selama ini Pangandaran menjadi primadona dan ujung tombak dari industri pariwisata di Kabupaten Ciamis.

Kini, Ciamis harus berusaha lebih keras untuk bisa mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata lain. Banyak objek wisata yang bisa diunggulkan, meskipun daya tarik yang dimiliki setiap objek tersebut tidak “seseksi” Pangandaran. Perlu pengembangan dan promosi yang luarbiasa proaktif dan sinergi.

Hal ini terkuak dalam Bimbingan Teknis yang diselenggaraka Kementerian Pariwisata RI bertajuk “Sinergitas Promosi Pariwisata Pasar Asia Pasifik dengan Pelaku Industri Pariwisata” di Hotel Tyara Plaza Ciamis, Rabu (8/11/2017).

Asissten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu mengatakan, perlu adanya kesepakatan dan tindakan yang nyata agar percepatan pembangunan destinasi pariwista terlaksana.

“Pada kenyataan di lapangan, seringkali terjadi sebuah objek atau destinasi dikelola dengan tidak maksimal,” katanya.

Menurut Vinsensius, seringkali terjadi “single destination multi management” (satu destinasi dikuasai oleh beberapa fihak), sehingga terjadi benturan kebijakan dalam pengembangan sebuah objek atau destinasi wisata.

Dijelaskannya, sebuah objek wisata dinyatakan siap dijual hingga ke pasar dunia jika objek tersebut telah memiliki berbagai penunjang untuk melayani kebutuhan para turis.

Diantaranya, fasilitas jalan sebagai akses menuju objek, kelangkapan sarana seperti tempat ibadah, kuliner, cinderamata, hotel dan fasilitas lain yang membuat wisatawan nyaman dan betah untuk berlam-lama.

Hal ini perlu disikapi oleh berbagai pihak, sehingga setiap destinasi pariwisata di Kabupaten Ciamis siap dipromosikan hingga ke Pasar Asia Pasifik.

Assissten Deputy (Asdep) Pengembangan Pasar Asia Pasifik - Kemenpar RI, Vinsensius Jemadu, saat pemaparan Promosi Pariwisata  Pasar Asia Pasifik di Hotel Tyara Plaza 7/11/2017 - ( Photo : Riza Gunadi Irfansyah )
Sementara Anggota Komisi X DPR RIPuti Guntur Soekarno Putri dalam paparannya mengatakan, perlu adanya kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten untuk mewujudkan semua itu.

Puti berencana mengundang Anggota Komisi X DPR RI, DPRD Jawa Barat dan DPRD Kabupaten Ciamis duduk bersama dan berdialog dengan pemerintah Kabupaten Ciamis untuk mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Ciamis.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwista Kabupaten Ciamis, Drs. H. Toto Marwoto, M.Pd menyatakan, sinergitas pembangunan memang mutlak diperlukan, karena perwujudan destinasi pariwisata yang siap jual tidak bisa dilakukan sepenuhnya oleh Dinas Pariwisata, tetapi memerlukan kerjasama yang harmonis dari SKPD lain dibawah koordinasi Bapeda, Dinas Pariwisata dan SKPD-SKPD terkait yang telah menjalin komunikasi untuk mewujudkan itu semua.

Namun, hingga saat ini sektor pariwista di Kabupaten Ciamis masih belum juga maksimal. Mungkin masih memerlukan dorongan yang lebih besar lagi sehingga pelaksanaan percepatan pembangunan sector pariwisata dapat terwujud,” tegansya.

Diakui Toto, bukan hanya dari para pelaku industri pariwisata dan SKPD terkait, tetapi yang paling penting adalah komitmen dari kepala daerah yang benar-benar serius dan fokus untuk mewujudkan destinasi-destinasi pariwisata di Kabupaten Ciamis layak jual hingga ke pasar Asia Pasifik, yang akhirnya akan berdampak pula pada peningkatan ekonomi masyarakat. (cZ-02)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com