Breaking News

ASN Diimbau Netral, Panwaslu Akan Betindak Tegas

ciamiszone.com :
TYARA,- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ciamis mengimbau kepada seluruh Apatur Sipil Negara (ASN) agar bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Ciamis 2018, mengingat bakal calon yang muncul di Ciamis terdiri dari petahana atau incumbent yang dua-duanya (Bupati dan Wakil Bupati) kembali maju, dan satu pasangan lagi bakal calon bupatinya adalah mantan Sekda yang sampai saat ini masih tercatat sebagai ASN.

Hal itu diungkapkan Komisioner Panwaslu, Syamsul Maarif didampingi Fahmi Fajar Mustopa dalam sesi dialog pada acara Sosisalisasi Pengawasan Partisipatif dengan Media se-Kabupaten Ciamis pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati  Tahun 2018 di Aula Hotel Tyara, Kamis (28/12/2017).

Dijelaskannya, Panwaslu sejak dilantik langsung bergerak melakukan berbagai aksinya sesuai dengan tupoksi, hingga sampai saatbini sudah tercatat sejumah laporan dan temuan anggota Panwas, namun sifatnya masih dalam pendalaman, sehingga sanksinya pun baru sebatas imbauan agar tidak melakukan tindakan pelanggaran.


“Belum adanya kepastian dari KPU terkait penetapan Bakal Calon menjadi Calon, jadi sejumlah indikasi pelanggaran masih dalam tahap pemantauan kami, begitu juga kami melangkah sebatas memberikan teguran dan imbauan, setelah sebelumnya memanggil mereka-mereka yang diduga melakukan pelanggaran,” katanya.

Khusus untuk ASN, pihaknya tidak akan segan-segan menindak mereka yang benar-benar terbukti bergerak tidak netral, atau mendukung/membantu salah satu pasangan calon yang sudah ditetapkan oleh KPU.

“Secara kode etik ASN sudah jelas dilarang mendukung/membantu salah satu pasangan calon dalam Pilkada, sehingga ASN diwajibkan untuk berlaku netral. Apalagi kami sudah mendapatkan surat edaran dari Kemenpan tertanggal 27 Desember 2017 ini sebagai dasar kami untuk bertindak lebih tegas,” katanya.

Syamsul dan Fahmi berharap, sosialisasi pengawasan yang digelarnya dengan kalangan media cetak, elektronik dan online di Ciamis itu, bisa menyampaikan informasi akurat terkait Pilkada, baik kepada ASN maupun masyarakat luas lainnya, sehingga mereka mengerti apa yang harus mereka lakukan.

“Kami harapkan Pilkada serentak 2018 di Ciamis berjalan lancar tanpa ada kendala atau pun pelanggaran yang berarti. Masyarakat juga diharapkan paham dan melakukan tahapan-tahapan pelaporan kepada Panwasu juga menemukan pelanggaran dengan melapmoirkan bukti-bukti yang otentik,” tegasnya seraya mengingatkan pihaknya akan melindungi pelapor.

“Masyarakat jangan takut melaporkan temuan-temuan dugaan pelanggaran yang dilengkapi dengan bukti-bukti otentik, dan kami pun siap menindaklajutinya,” pungkasnya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments