Home » » Deklarasi Herdiat-Yana Tinggalkan 3 Partai Sisa

Deklarasi Herdiat-Yana Tinggalkan 3 Partai Sisa

Written By yun ciamis on 03 December 2017 | 8:44 PM

ciamiszone.com :
PANUMBANGAN,- Dari sebanyak 11 partai politik (Parpol) di DPRD Ciamis, sampai saat ini menyisakan tiga parpol yang belum jelas menentukan arah usungan atau pun dukungannya dalam menghadapi Pilkada Serentak 2019 di Ciamis.

Sebanyak enam parpol mendeklarasikan usungannya terhadap Dr. H. Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra (HY) untuk maju dalam Pilkada serentak 2018 mendatang, keenam parpol tersebut antara lain PKS (5 kursi), Gerindra (4 kursi), Demokrat (4 kursi), PAN (5 kursi), PBB (1 kursi dan Nasdem (3 kursi).

Dengan demikian, pasangan Dr. H. Herdiat-Yana D Putra resmi diusung enam partai dengan jumlah kursi 22 kursi untuk didaftarkan ke KPU awal Januari 2018 mendatang.

Deklarasi yang digelar di komplek kediaman H. Udin, seorang pengusaha asal Panumbangan itu, dihadiri para pengurus dari enam parpol dan para relawan, sejumlah pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas dan tokoh pemuda Kabupaten Ciamis, Minggu (3/12/2017).


Sementara tiga partai lainnya terdiri dari Golkar (6 kursi), PPP (4 kursi) dan PKB (4 kursi) masih belum menentukan kepastian rekomendasi atau keputusan dukungannya. Sedangkan dua partai lainya, PDIP (12 kursi) dan Hanura (2 kursi), jauh sebelumnya sudah menyatakan dukungannya kepada pasangan incumen/petahana, H. Iing Syam Aeifin dan H. Oih Burhanudin.

Ketua Panitia Deklarasi Pasangan HY yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Ciamis, Pipin Arip Apilin menuturkan, keputusan pengusungan terhadap HY ini setelah mengikuti beberapa tahapan penjaringan oleh masing-masing parpol.

Menurut Pipin, pascadeklarasi ini tidak menutup kemungkinan parpol lainnya juga akan ikut bergabung untuk mengusung HY, dan semoga pasangan ini dapat diterima oleh masyarakat Tatar Galuh.

Seperti diketahui, dengan persyaratan 20 persen dari jumlah anggota DPRD Ciamis (50 kursi), Partai Golkar dengan 6 kursinya dipastikan harus melakukan koalisi dengan partai lain jika akan mengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Sementara hanya dua calon yang mendaftarkan diri ke Partai Golkar dan sampai saat ini masih menjadi kandidat yang akan diusung Golkar, yaitu H. Iing Syam Arifin dan Dr. H. Herdiat. Jadi apakah Golkar akan bergabung ke PDIP dan Hanura? Atau berkoalisi mendukung Pasangan HY?

Sementara PPP dan PKB masing-masing hanya memiliki empat kursi, jika pun keduanya berkoalisi tidak akan mencapai syarat pengusungan 20 persen anggota DPRD (10 kursi). (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com