Home » » Desa Panjalu Peduli Terhadap Ancaman Bahaya Narkoba

Desa Panjalu Peduli Terhadap Ancaman Bahaya Narkoba

Written By yun ciamis on 28 December 2017 | 5:53 PM

ciamiszone.com :
PANJALU,- Pemerintah Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan penyuluhan penyalahgunaan napza terhadap 50 peserta perwakilan tokoh masyarakat dan pemuda Karang Taruna lingkup desa setempat di Aula Desa PanjaluKamis (28/12/2017).

Penyuluh BNNK Ciamis, Heri Kurniawan, S.Sos.,  dalam paparan materinya berjudul “Narkoba dan Permasalahannya” menjelaskan, upaya pencegahan bisa melalui sosialisasi, penyuluhanbisa melalui kampanye hidup sehat dan produktif tanpa narkoba, termasuk bahaya narkoba dan sanksi hukumnya.

Menurut Heri, pentingnya meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman narkoba, mengingat narkoba merambah ke wilayah tanpa batas, tidak mengenal status sosial, untuk itulah dibutuhkan diteksi dini dan pencegahan dini dari ancaman narkoba yang suatu saat muncul di tengah-tengah masyarakat.

Masyarakat hendaknya ikut  berperanserta dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), hal ini sangat penting guna menciptakan lingkungan masyarakat bersih narkoba ” tegasnya.


Sementara Camat Panjalu Drs. H. Erwin mengakui, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari anggaran yang diberikan oleh pemerintah untuk digunakan sebaik mungkin bagi pembangunan daerah, bukan hanya fisik tapi mental pun harus dibangun.

Harapannya kegiatan ini terus dilaksanakan dan di tindaklanjuti dengan pembentukan kader peduli narkoba di lingkup desa sehingga dapat bersama-sama menaggulangi permasalahan narkoba,” kata Erwin.

Kepala Desa Panjalu, R. Haris Riswandi C menambahkan, kegiatan ini bersumber dari Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2017 dalam rangka pembinaan kepada pemuda-pemudi generasi penerus khususnya lingkup desa Panjalu tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, permasalahan narkoba saat ini memasuki Darurat Narkoba dan terus terjadi, sehingga para pemuda-pemudi Desa Panjalu diharappkan memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih lanjut tentang dampak narkotika dan zat adiktif lainnya bagi kesehatan, dan mereka juga bisa mengetahui sanksi hukumnya apabila menyalahgunakan narkoba.

Sebagai narasuber, Kanit Binmas Polsek PanjaluIpda Didik Sarwo Edi memaparkan, materi berjudul “Pembinaan Spiritual dan Semangat Kebangsaan”.

Dirinya berpesan untuk tetap menjaga karakteristik bangsa berbudi pekerti luhur yang bercirikan sopan santun, ksatria, bertanggung jawab, dan suka menolong sesama.

“Pada diri manusia terdiri dari tiga komponen yaitu iman, karena dengan iman hidup akan terarahkedua ilmu, dengan ilmu hidup akan mudah dan yang ketiga seni, dengan seni hidup akan indah,” kataya.

Pihaknya juga menghimbau kepada orangtua untuk senantiasa memperhatikan pergaulan anaknya, termasuk memantau penggunaan medsos yang banyak disalahgunakan orang yang ingin mengadu domba yang dampaknya dapat merusak generasi bangsa.

Dengan kegiatan ini kita semua berupaya untuk menyelamatkan aset bangsa penerus masa depan bangsa ini terutama dari bahaya narkoba,” tegasnya.

Narasumber lainnya, Babinsa PanjaluSerda Arifin Sudrajat dalam paparannya berjudul “Proxy War” menyampaikan, Proxy War adalah perang ketika lawan kekuatan menggunakan pihak ketiga sebagai pengganti berkelahi satu sama lain secara langsung atau perang tidak tampak menggunakan cara-cara halus untuk menghancurkan dan mengalahkan lawan menggunakan pihak ketiga.
Bentuk perang ini bisa melalui paham radikalisme, sparatisme, terorisme dan bisa dengan narkoba yang tujuanya untuk mengahancurkan satu bangsa,” katanya.

Salah satu bentuk penangkal dari kejahatan narkoba, diantaranya menggelar kegiatan sosialisasi dengan peserta yang hadir dari kalangan pemuda Karang Taruna sebagai penerus bangsa yang akan menggantikan para pemimpin.

“Pemuda harus terus berjuang menegakkan NKRI dengan harapan para peserta bisa mengambil ilmu dan mampu menyampaikan kembali kepada rekan-rekanyang lainnya supaya bahaya yang mengancam bisa diminimalisir,” pungkasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com