Home » » Jelang Natal, FKUB Ciptakan Ciamis Harmonis

Jelang Natal, FKUB Ciptakan Ciamis Harmonis

Written By yun ciamis on 12 December 2017 | 7:35 PM

ciamiszone.com :
KESBANGPOL,- Dengan semangat baru, pengurus baru Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Ciamis bertekad untuk menciptakan Ciamis yang harmonis dan religius.

Hal itu diungkapkan Sekretaris FKUB Kab. Ciamis periode 2017-2022, Dede Nugraha, S.IP, M.Si, yang baru dikukuhkan dengan SK Bupati Ciamis akhir November 2017 setelah sebelumnya melalui proses musyawarah melakukan pergantian kepengurusan periode 2012-2017.

“FKBU bertekad untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis dan religius, diantaranya dengan sosialisasi peraturan keagamaan, silaturahmi dengan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan juga aparatur pemerintahan. Apalagi saat ini menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018,” kata Dede, Selasa (12/12/2017).


Dijelaskannya, jelang Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan melakukan sejumlah silaturahmi dan berdialog dengan tokoh-tokoh geraja yang ada di Ciamis. Maksimal satu hari sebelum perayaan Natal sudah selesai bersilaturahmi dan berdialog.

“Ada tujuh gereja di Ciamis, diantaranya tiga di Ciamis Kota, dua di Lakbok dan masing-masing satu geraja di Panawangan dan Cisaga, maksimal satu hari sebelum Hari Natal kami sudah mengunjungi mereka,” katanya.

Menurut Dede, diharapkan seluruh anggota FKUB bisa mengikuti silaturahmi dan ikut berdialog dengan tujuan untuk membangun kerukunan nasional dan memelihara kerukunan umat beragama sebagai upaya bersama dalam menciptakan Ciamis yang harmonis dan religius.

“Dialog bukan hanya dalam hal keagamaan saja, melainkan juga kita berdialog seputar kehidupan sehari-hari, dengan harapan terjalinnya komunikasi yang baik antar umat beragama,” tegasnya.

Dede juga menitikberatkan terhadap keharusan memelihara kerukunan, karena jika tidak dipelihara, sekecil apa pun permasalahan yang muncul bisa mengakibatkan maslaah yang besar.


“Kita analogikan terhadap berebagai jenis tenaman bunga yang berwarna-wani, jika tidak dipelihara dengan baik, maka setangkai saja ada bunga yang layu dan busuk akan diikuti bunga lainnya,” katanya.

Dengan terpeliharanya kerukunan umat beragama, diharapkan akan lebih optimal melakukan dialog dan lebih terjalin komunikasi yang baik, sehingga berbagai potensi kerawanan dapat diantisipasi secara dini dan terselesaikan dengan cepat, yang akhirnya tidak mengganggu ketertiban nasional di daerah. (cZ-01)*

Susunan Keanggotaan FKUB Kab. Ciamis periode 2017-2022 sesuai Lampiran SK Bupati Ciamis Nomor 220/Kpts.620-Huk/2017, tanggal 29 November 2017 sebagai berikut :

Ketua                  : Dr. KH. Koko Komarudin, M.Pd.
Wakil Ketua         : 1. Drs. H. Nunung Nurjamil, MM. 2. Dr. H. Zulkarnaen, SH, MH.
Sekretaris            : Dede Nugraha, S.IP, M.SI.
Wakil Sekretaris   : Ust. Ending B. Abdillah, BA.

Anggota              : 1. Drs. KH. Muhibin Al-Daldiri, M.Pd. 2. Drs. KH. Sambas, 3. Drs. Abdul Chalik Sakhruna, 4. Ust. Dimas Prasetia, SH, 5. Ust. H. Maman, 6. Dr. Sumadi, 7. Ust.Ir. H.M. Warman, 8. Ust. Ir. H. Iif Taufiq El-Haq, S.Kep, 9. Joni Lihan, 10. Yuki Halim, 11. Pnt. Jhonson Toni Lumbantoruan.***  
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com