Home » » Peran Pemerintah Wujudkan Ciamis Bebas Narkoba

Peran Pemerintah Wujudkan Ciamis Bebas Narkoba

Written By yun ciamis on 21 December 2017 | 8:26 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis terbebas dari penyalahgunaan narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melalui seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) menyelenggarakan Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Bersama Instansi Pemerintah di Aisyah Meeting Room The Priangan Hotel Ciamis, Rabu (20/12/2017).

Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, SH., menjelaskan pemberdayaan masyarakat anti narkoba dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti sosialisasi, advokasi dan desiminasi informasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang disesuaikan dengan program dari masing-masing instansi.

Peran aktif pemerintah tersebut diharapkan mampu mewujudkan kerja sama secara optimal dalam menyelesaikan masalah narkotika dan dapat menurunkan jumlah pecandu serta korban penyalagunaan narkotika.


“Rencana aksi tentang upaya pencegahan penyalagunaan narkotika atau pola hidup sehat di lingkungan masyarakat diharapkan mampu mewujudkan tujuan Kabupaten Ciamis terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Sementara Kasi P2M BNNK Ciamis, Deny Setiawan, S.Sos., MM, di hadapan 30 peserta perwakilan dari UPTD Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) se-Kabupaten Ciamis berharap, dengan raker dapat meningkatkan sinergitas dengan instansi pemerintah dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Selain itu kegiatan ini juga untuk membangun komunikasi, jejaring kerja dan kepedulian stakeholder khususnya dengan DP2KBP3A,” katanya.

Deny berharap, peserta dapat membangun koordinasi dan sinergitas program pemberdayaan masyarakat. Dapat menggerakkan potensi kemandirian bagi peserta di lingkungan instansi pemerintah terkait penggiat anti narkoba untuk mengimplementasikan rencana aksi tersebut di lingkungan peserta masing-masing.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si menyampaikan, materi dengan judul “Pemetaan Perkembangan Program P4GN Melalui Kader di Kabupaten Ciamis”.

Dondon mengakui, merupakan suatu peluang yang luar biasa yang perlu disikapi terkait permasalahan narkoba yang sampai saat ini sudah mengkhawatirkan semua elemen masyarakat.

“Kita harus bisa memberikan benteng manakala narkoba sudah masuk kepada kelompok-kelompok remaja, tetapi ada pula hasil dari penelitian bahwa yang terkena narkoba atau penyalahguna narkoba pada kelompok usia 40 tahun ke atas, hal ini menjadi paradigma para orangtua tidak memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya,” jelasnya.


Menurut Dondon, antara BNN dengan DP2KBP3A ada persamaan dalam hal menangani masalah NAPZA atau Narkoba, sehingga bisa bergandengan tangan sesama instansi pemerintah sebagai pelayan masyarakat dengan sasaran yang sama. Bisa bersinergi untuk menanggulangi permasalahan narkoba.

“Ada kader yang telah dibentuk oleh masing-masing pihak yang keberadaannya bisa lebih diprioritaskan khususnya Kader Anti Narkoba pada Kampung KB yang sekarang ini sedang terus dibangun dan digelorakan,” tegasnya.

Dondon berharap, para kader yang sudah dibentuk mampu memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang bahaya narkoba, sehingga para kader dituntut untuk lebih mengerti dan paham tentang upaya-upaya apa saja dalam menyampaikan informasi mengenai bahaya narkoba, sehingga dengan kegiatan ini bisa meminimalisir permasalahan narkoba dengan strategi dan kebijakan yang diambil.

Hal senada disampaikan narasumber lainnya, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Ciamis, Wiwik Dwikoraningsih, SH., M.Si. menurutnya, Satgas Anti Narkoba yang akan dibentuk diprioritaskan terlebih dahulu di wilayah Kampung KB, selanjutnya akan terus bertahap untuk mensosialisasikan seiring dengan penambahan pembangunan Kampung KB.

“Nantinya program dari berbagai stakeholder pemerintah bisa diterapkan di Kampung KB seperti program Dinas Kesehatan, Pendidikan, UMKM bahkan kerjasama dengan BNN dalam menanggulangi masalah narkoba. sehingga bisa meningkatkan SDM masyarakatnya menuju kemandirian dan kesejahteraan serta sehat tanpa narkoba,” ungkapnya. (BNN)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com