Home » » Siapkan Pojok Pengawas, Panwas Gandeng Media

Siapkan Pojok Pengawas, Panwas Gandeng Media

Written By yun ciamis on 28 December 2017 | 3:30 PM

ciamiszone.com :
TYARA,- Untuk kesusksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang terdiri dari Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jabar, dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Ciamis,  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ciamis menggandeng insan pers Ciamis yang terdiri dari berbagai media cetak, elektronik dan online.

Sosialisasi pengawasan partisipatif menghadirkan tiga narasumber terdiri dari Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Ciamis, Andang Firman, Akademisi Fak. Hukum Unigal, Hendi Budiawan dan Komisioner Panwaslu Syamsul Maarif dengan moderator yang juga koisioner lainnya, Fahmi Fajar Mustopa di Aula Hotel Tyara, Kamis (28/12/2017).

Dalam pembukaannya, Ketua Panwaslu Kab. Ciamis, Uce Kurniawan mengatakan, keberadaan media sangat berperan dalam suksesnya pelaksanaan Pilkada 2018 serentak di Ciamis.


“Kami sangat berharap media mampu berperan menjalankan tugasnya sebagai insan pers sehingga pelaksanaan Pilkada di Ciamis berjalan sukses,” tegasnya.

Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan “Pojok Pengawas” sebagai fasilitas kalangan insan pers untuk bertukar informasi, sharing serta berdiskusi terkait temuan-temuan pelanggaran di lapangan.

“Kami siapkan Pojok Pengawas, mari kita berdiskusi, sharing dan bertukar pikiran berbagi informasi terkait temuan rekan-rekan di lapangan agar bisa mencari solusinya, karena SDM kami terbatas dan kami tidak bisa bekerja dengan baik dan maksimal tanpa bantuan rekan-rekan media dan stakeholder lainnya,” tambah Uce.

Sementara Kepala Kesbangpol, Andang Firman menjelaskan,  dengan keterlibatan media diharapkan tingkat patisipasi dalam Pilkada serentak 2018 di Ciamis meningkat dibanding pemilu sebelumnya.

Menurut Andang, Pilkada Ciamis 2013 mencatat partisipasi masyarakat kurang dari 70%, hanya kisaran 68% saja, sedangkan Pemilu Legislatif terdapat peningkatan menjadi 73,76%.

“Jika semua elemen berperan aktif dan menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik, tidak menutup kemungkinan partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak 2018 di Ciamis mempu menembus angka 99%, dan jika terbukti ini bisa menembus rekor MURI,” kata Andang.

Diakuinya, Kesbangpol terus melakukan upaya menjalin hubungan dengan Muspida melakukan monitoring terhadap kerawanan kondisi hingga cepat terdeteksi dan segera difailitasi dalam menjaga kekondusifan.

Sedangkan Akademisi dari Fakultas Hukum Unigal, Hendi Budiawan lebih menekankan kinerja jurnalis yang tetap harus berdasarkan aturan-aturan serta kode etik jurnalistik.

“Untuk mengindari hukum, wartawan sudah lebih tahu bagaimana cara melangkah menjalankan tugasnya sebagai jurnalis. Keberadaannya sangat membantu dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Ciamis apalagi pers merupakan forurth state (pilar keempat bangsa) setelah Eksekutif, Legislative dan Yudikatif),” pungkasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com