Home » » Ada ASN Tidak Netral, Pemkab Berdayakan Majelis Kode Etik

Ada ASN Tidak Netral, Pemkab Berdayakan Majelis Kode Etik

Written By yun ciamis on 16 January 2018 | 7:22 PM

ciamiszone.com :
INSPEKTORAT,- Menindaklanjuti sosialisasi Panwaslu yang menekankan agar ASN/PNS berlaku netral dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Ciamis, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bersama Asisten Bidang Pemerintahan, Inspektorat dan OPD lainnya membahas mekanisme kerja Majelis Kode Etik, Selasa (16/01/2018) di Aula Inspektorat Ciamis.

Kepala Inspektorat Kab. Ciamis (Inspektur), H. Tatang mengakui, pihaknya terus bergerak melakukan sosialisasi kepada seluruh ASN agar berlaku netral dalam pelaksanaan Pilkada 2018 di Ciamis.

Inspektorat sebagai pengawas, berharap tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh ASN/PNS di Ciamis, sehingga pelaksaaan Pilkada di Ciamis berjalan sukses tanpa ekses.


Untuk mengantisipasi penyelesaian permasalahan di tingkat SKPD, Majelis Kode Etik tingkat kabupaten dibentuk untuk menindaklanjuti laporan masyarakat dan permasalahan yang tidak bisa diselesaikan oleh SKPD yang bersangkutan.

Majelis Kode Etik juga menerima pengaduan masyarakat terhadap ASN/PNS yang disinyalir diduga berlaku tidak netral yang sekretariatnya berada di kantor BKPSDM.

“ASN bekerja saja sesuai tugas pokok dan fungsinya, tidak usah terjun ke dunia politik praktis dalam Pilkada mendatang,” katanya.

Sementara untuk pelanggaran yang diduga dilakukan oleh kepala desa dan aparatnya, masyarakat bisa melaporkannya langsung ke camat setempat, karena camat posisinya sebagai pengawas.

“Jadi jika ada ASN/PNS yang diduga melanggar aturan dalam Pilkada, lebih baik laporkan saja ke SKPD-nya agar diselesaikan oleh atasannya langsung dan mendapatkan sanksi. Sanksi bagi mereka yang terbukti melanggar akan disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya, bisa sanksi ringan dnegan teguran, sanksi sedang dengan menurunkan kenaikan pangkat satu atau slama dua tahun, dan bisa sampai dikenakan sanksi berat berupa pemberhentian dari ASN/PNS dengan tidak hormat,” jelasnya. (Alung)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com