Home » » Jokowi Serahkan 5.477 Sertifikat Tanah

Jokowi Serahkan 5.477 Sertifikat Tanah

Written By yun ciamis on 16 January 2018 | 5:13 PM

ciamiszone.com :
LOKASANA,- Ribuan massa penerima sertifikat tanah dari lima kabupaten/kota di wilayah Priangan memenuhi Taman Lokasana untuk menerima sertifikat tanah yang diserahkan langsung oleh Predisen Joko Widodo, Selasa (16/1/2017).

Penyerahan 5.477 sertifikat tanah untuk masyarakat di lima Kab/Kota di wilayah Priangan itu dipusatkan di Taman Lokasana Ciamis. Massa penerima datang dari Kota Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya, Kota Banjar, Kab. Pangandaran dan Kab. Ciamis.


"Tolong diangkat tinggi-tinggi sertifikatnya, jangan diturunkan dulu mau saya hitung. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 5.477 kalau gak dihitung jangan-jangan yang terima hanya 12 orang, kalau angkat seperti ini kelihatan BPN (Badan Pertanahan Nasional) benar-benar kerja untuk masyarakat," kata Presiden.

Menurut Jokowi, dirinya selalu mendorong pembagian sertifikat di seluruh wilayah Indonesia karena di semua provinsi semuanya sering mengadukan sengketa terkait tanah. 

"Karena rakyat belum memegang tanda bukti hak untuk tanah sertifikat. Di sumatera bisik-bisik `Pak ini ada sengketa rakyat dengan pemerintah, masyarakat dengan BUMN, bahkan di satu keluarga ada ribut soal tanah. Seharusnya yang memegang sertifikat ada 126 juta, tapi pada 2017 baru 46 juta artinya 80 juta yang masih harus memegang sertifikat, ini menimbulkan sengketa," jelasnya.

Karena itu ia menargetkan pada 2017 dibagikan 5 juta sertifikat, pada 2018 keluar 7 juta sertifikat dan pada 2019 ada 9 juta sertiifkat harus keluar.

Sementara Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil mengakui, di Jabar pada 2017 lalu ditargetkan sertifikat 590 ribu bidang, dan tahun 2018 sesuai perintah Presiden dikeluarkan sertifikat 1,2 juta sertifikat.


“Ini indikasi kalau masyarakat Tatar Galuh Ciamis adalah orang-orang kaya yang banyak tanahnya, tapi juga menunjukkan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan BPN dan Insya Allah sesuai perintah Bapak Presiden akan diselesaikan dengan sebaik-baiknya," katanya. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com