Home » » Kurangi Angka Pengangguran, Petani Sukamantri Harus Lebih Inovatif

Kurangi Angka Pengangguran, Petani Sukamantri Harus Lebih Inovatif

Written By yun ciamis on 22 January 2018 | 10:05 PM

ciamiszone.com :
SUKAMANTRI,- Calon Bupati Ciamis, DR. H Herdiat Sunarya mengingatkan kepada para petani di Kecamatan Sukamantri untuk lebih berinovasi dalam mengelola hasil penen sayuran yang menjadi potensi daerahnya.

“Cabe rawit dan cabe merah dari Sukamantri ketika panen saat ini langsung diangkut dipasarkan ke luar Ciamis, seperti ke Bandung atau Jakarta. Di Bandung dan di Jakarta cabe-cabe tersebut diolah dan dikemas menjadi cabe kering (aida) atau pun saus yang kembali dipasarkan ke Ciamis untuk bumbu-bumbu makanan ringan seperti makroni dan makanan lainnya di kawasan Cikoeneng dan sekitarnya,” kata Herdiat di hadapan ratusan warga Desa Mekarwangi, di Alun-alun Lebakwangi, Kecamatan Sukamantri, Senin (22/01/2018).

Menurut Herdiat, jika saja warga Sukamantri berinovasi untuk mengelola dan mengolah potensi sayuran hasil panen yang dikemas dengan baik dan menarik, tidak menutup kemungkinan akan menyarap tenaga kerja yang tidak sedikit.

“Itu salah satu contoh buah pikiran saya yang berniat menjadikan Ciamis lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera. Belum lagi potensi di Ciamis lainnya seperti perkebunan kopi dan perkayuan yang harus menjadi perhatian agar Ciamis memiliki pabrik pengolahan kopi dengan kemasan yang baik dan juga apbrik pengolahan kayu,” katanya.

Dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat dan warga setempat yang diprakarsai Forum Pemuda Desa Mekarwangi tersebut, Herdiat menjelaskan, dari 66 ribu pengangguran di Ciamis, minimalnya bisa berkurang jika di Ciamis terdapat pabrik pengolahan kayu atau pun pabrik kemasan kopi dan juga pabrik pengolahan cabe di Sukamantri.

“Saat ini, Banjar saja yang hanya ada empat kecamatan memiliki empat buah pabrik pengolahan kayu yang ironisnya bahan baku kayunya mencapai 50 hingga 60 persen disuplai dari Ciamis,” tegasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Herdiat mengingatkan kepada warga yang memiliki kolam ikan, lebih dari 60 ribu kolam ikan yang ada di Ciamis, tapi kenyataannya Ciamis masih mendatangkan ikan dari luar Ciamis.

“Jika warga Sukamantri saja memberdayakan kolam ikan yang dikelola dengan bagus dan profesional, untuk konsumsi Ciamis tidak akan lagi mendatangkan ikan dari luar Ciamis,” jelasnya.

Selain mengupas secara detail program perekonomian, Herdiat juga menjabarkan program bidang kesehatan dan pembinaan keagamaan.

“Ciamis kedepan jangan kalah oleh Kab. Pangandaran, di Pangandaran warga yang akan berobat cukup memperlihatkan KTP saja sudah dilayani dengan baik dan tidak bertele-tele. Begitu juga penghargaan pembinaan bidang keagamaan, para ustad dan sutadzah sangat dihargai kinerjanya dnegan mendapatkan insentif,” jelasnya.

Herdiat sangat berterimakasih kepada warga Sukamantri yang sudah mendukung dan mendoakan agar dirinya terpilih dalam Pilkada serentak 2018, sehingga segera merealisasikan program-program sesuai visi dan misinya.

“Kita semua buktikan nanti dalam Pilkada Ciamis Juni 2018, Herdiat harus menang,” tegasnya. (Alung)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com