Home » » Panwas Rekomendasikan Ganti Seorang Sekretaris PPS

Panwas Rekomendasikan Ganti Seorang Sekretaris PPS

Written By yun ciamis on 28 January 2018 | 8:52 PM

ciamiszone.com :
AHMAD DAHLAN,- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ciamis merekomendasikan kepada KPU agar seorang Sekretaris Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kalapasawit, Kec. Lakbok segera diganti.

Hal itu diungkapkan Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan di kantornya, Jalan Ahmad Dahlan, Minggu (28/01/2018) yang menurutnya, rekomendasi tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan kepada yang bersangkutan yang juga kebetulan tercatat sebagai perangkat desa dengan jabatan Kasi Pemerintahan Desa Kalapasawit.

“Kami sudah bergerak, menindak bagi siapa saja yang melanggar pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Ciamis. Khususnya bagi para ASN, penyelenggara pemilu maupun pihak lainnya dalam hal menjaga netralitas,” kata Uce.

Menurutnya, rekomendasi kepada KPU Ciami untuk mengganti seorang Sekretaris PPS Desa Kalapasawit atas nama Nanang Herdianasudah inkrah, terbukti telah melanggar syarat sebagai PPS karena memiliki kecenderungan memihak salah satu bakal calon Bupati Ciamis.

"Yang bersangkutan terbukti menghadiri deklarasi salah satu bakal calon Bupati Ciamis di Islamic Center yang terakhir itu," tegasnya.

Diakuinya, keputusan hasil pemeriksaan sudah keluar, rekomendasinya ke KPU soal pelanggaran administrasi dan soal etika ke Badan Pemerintahan Desa.

"Sanksinya rekomendasi ke KPU itu minta diganti, karena sudah melanggar sumpah dan salah satu persyaratan yang harus independen dan tidak berpihak. Jadi kami minta diganti, kalau ke Badan Pemdes itu sanksinya tergantung dari lembaga bersangkutan,” jelasnya.

Diakuinya, saat ini pihaknya juga tengah menangani dua kasus yang masih dalam kategori pelanggaran soal netralitas. Salah satunya, dugaan keberpihakan Kepala Desa di wilayah Kecamatan Panawangan. Namun belum bisa mengungkapkan ke publik, karena masih dalam kajian dan proses klarifikasi.

"Dugaan sementara belum bisa kami angkat, baru akan diklarifikasi, pendalaman dan harus disesuaikan dengan fakta di lapangan. Kalau sudah diklarifikasi dan ada hasil baru bisa diangkat," pungkasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com