Home » » PWI Ciamis Siap Perangi HOAX

PWI Ciamis Siap Perangi HOAX

Written By yun ciamis on 17 January 2018 | 9:47 PM

ciamiszone.com :
CIJEUNGJING,- Dewasa ini PWI dituntut bekerja membangun keseimbangan informasi. PWI Ciamis senantiasa siap memerangi hoax, apalagi tahun 2018 adalah tahun politik, sehingga perlu dukungan pihak pemerintah daerah, TNI/Polri dan juga Panwaslu serta KPU untuk ikut memantau pmeberitaan terutama di media sosial yang kerap menebar hoax.

Demikian diungkapkan, Ketua PWI Kab. Ciamis, Anjar Asrama, SH dalam sambutannya usai resmi dilantik bersama Pengurus PWI Kab. Ciamis lainnya yang dalam kerjanya juga membawahi wilayah Kota Banjar dan Kab. Pangandaran, Rabu (17/01/2018) di Rest Area Situs Karangkamulyan, Cijeungjing, Ciamis.

“Pihak-pihak terkait mulai Dinas Kominfo, TNI/Polri, Panwaslu dan KPU agar meningkatkan pengawasan media sosial dan serius dalam mengatasi berita hoax. Sehingga masyarakat akan mengetahui dan waspada terhadap hoax yang bisa mengganggu tahun politik ini,” katanya seraya menegaskan, media senantiasa akan berperan untuk tetap mengedukasi masyarakat, dengan kondisi jurnalis sehat dapat menangkal hoax.


Anjar berharap, jurnalis di Ciamis, Banjar dan Pangandaran harus menjaga tahun politik ini, terutama Ciamis dan Banjar yang akan menggelar Pilkada agar berlangsung jujur dan adil.

“Dengan kepengurusan baru PWI Ciamis, kami bertekad media sebagai tempat mendapat informasi yang dipercaya masyarakat. Kedepan semoga PWI Ciamis lebih baik," tegasnya.

Ketua PWI Jawa Barat, H Mirza Zulhadi usai melantik Pengurus PWI Kab. Ciamis dalam sambutannya mengingatkan, anggota PWI harus tetap menjaga  netralitas dan profesionalitas. Bila pengurus PWI akan menjadi tim sukses dari pasangan calon maka harus non aktif dulu sebagai jurnalis sampai dengan pemilihan selesai.

Menurutnya, sebagai wartawan netral harus pada posisi dengan memberikan informasi yang benar, tidak berpihak dalam tahun politik ini, dan juga tidak mengadu domba.

Sementara Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin mengatakan, selama ini Pemkab Ciamis telah menjalin hubungan yang baik dengan PWI Ciamis, sehingga pihaknya pun mengajak kerjasama yang sudah berlangsung ini terus dilanjutkan untuk lebih ditingkatkan.

“Pembangunan daerah tanpa peran media tidak akan ada yang menilai, terutama dari masyarakat dan juga pemerintah pusat. Saya berharap kerjasama antara Pemkab dengan PWI Ciamis agar bisa ditingkarkan,” tegasnya.


Hadir dalam pelantikan Pengurus PWI Kab. Ciamis, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berharap PWI bisa menjadi motor penggerak media yang benar. Karena belakangan ini banyak keluhan masyarakat terhadap munculnya berita yang tidak berimbang.

"Jadi dalam berita itu dua pihak harus berimbang, mengungkapkan saat ada pemberitaan jangan menunggu esok hari. Juga lebih bagus tidak hanya dua pihak tapi ada pihak lain sehingga bisa mendekati kebenaran. Itu fakta media dan dapat dipertanggungjawabkan," tuturnya.

Gubernur juga berharap, agar wartawan mampu menyajikan tulisan yang disambut hangat dan bahagia oleh pembaca, karena itu sebagai bagian dari ibadah dalam menyenangkan dan menyejukan suasana.

Selain dihadiri Gubernur Jabar, Bupati Ciamis, Wakil Bupati Ciamis dan Forkopinda Ciamis, pelantikan juga dihadiri oleh Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Ketua DPRD Pangandaran, Iwan M. Ridwan dan sejumlah tokoh pers Jawa Barat dan juga tokoh masyarakat. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com