Home » » Seluruh Parpol Calon Perserta Pemilu Harus Diverifikasi

Seluruh Parpol Calon Perserta Pemilu Harus Diverifikasi

Written By yun ciamis on 29 January 2018 | 5:58 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Berdasarkan keputusan Bawaslu yang ditindaklanjuti KPU RI, 12 partai politik (parpol) lama dan tiga parpol baru calon peserta Pemilu 2019 harus diverifikasi,  termasuk yang ada di Ciamis, jadi yang diverifikasi bukan hanya partai baru saja.

Hal itu diungkapkan, salah seorang KPU Kabupaten Ciamis, Didi Heryadi, Senin (29/01/2018) yang menjelaskan, parpol yang akan diverifikasi di Kabupaten Ciamis, yakni PDI Perjuangan, Golkar, PPP, PKB, Hanura, Demokrat, Gerindra, Nasdem, PAN, PBB dan PKS. Partai barunya Berkarya dan PSI, sementara untuk Partai Perindo sudah dinyatakan lolos verifikasi.

Menurut Didi, hal ini merupakan hasil gugatan yang dilaksanakan oleh Partai Idaman dan PSI ke Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu, mengenai pasal 174 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang syarat partai baru, tidak adanya verifikasi untuk Partai lama.


“Dalam hal ini MK memutuskan pasal tersebut tidak diberlakukan, sehingga baik partai lama maupun partai baru akan diverifikasi, dan sebagai salah satu persiapan verifikasi, KPU Ciamis mengundang parpol dalam keagiatan rapat pembagian waktu parpol calon peserta Pemilu 2019 di Aula KPU Ciamis ini,” katanya.

Dijelaskannya, verifikasi yang dilaksanakan meliputi kepengurusan, tempat kantor domisili dan anggota parpol, berdasarkan Peraturan KPU nomor 6 tahun 2018 tentang tata cara verifikasi Parpol peserta Pemilu 2019. Juga surat KPU RI nomor 62 tentang tata cara verifikasi.

Berdasarkan jadwal tahapan yang baru dan berdasarkan surat peraturan kpu nomor 5. Verifikasi akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Januari 2018 sampai 1 Februari 2018.

"Apabila ada salah satu parpol yang tidak lolos belum memenuhi syarat, ada perbaikan administrasi dari tanggal  2 sampai 5 Februari. Kemudian akan dilakukan verifikasi ulang tanggal 6 sampai 8 Februari 2018," jelasnya.

Dalam Verifikasi ini, semua parpol akan diperlakukan sama. Sebelumnya, dalam mengumpulkan anggota dan KTA yang diserahkan nilai pembagi parpol lama hanya 5 persen dan parpol baru 10 persen. Namun sekarang semua sama, 5 persen.

"Jadi kami imbau kepada parpol calon peserta Pemilu 2019 persiapkan segala sesuatunya, terurama orang-orang yang akan diverifikasi," pungkasnya. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com