Home » » Terlambat, Pertengahan Februari Ciamis Baru Panen Raya?

Terlambat, Pertengahan Februari Ciamis Baru Panen Raya?

Written By yun ciamis on 20 January 2018 | 10:45 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Mulai pertengahan Februari 2018 diprediksi Kabupaten Ciamis akan mulai melaksanakan panen raya padi yang diharapkan mampu meningkatkan stok beras baik di tingkat lokal dan nasional.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Ir. Hj. Kustini yang mengakui, sebenarnya panen terjadi hampir setiap bulan.

“Hanya panen yang setiap bulan itu hanya dalam skala kecil dan terbatas di titik tertentu saja. Sehingga masih belum optimal dalam menopang pasokan beras,” tegasnya, Sabtu (20/1/2018).

Diakuinya, panen yang tiap bulan hanya kisaran 100-200 hektare di wilayah utara Ciamis, seperti Panjalui dan Sukamantri. Namun kurang terasa pasokannya.

Kustini mengakui, terjadi keterlambatan panen raya di Ciamis karena munculnya kekeringan selama empat bulan, sehingga mayoritas pola tanam berubah dari seharusnya bulan Oktober menjadi November atau Desember.


"Kami tanam normal Oktober panennya Januari, karena kekeringan dan musim hujan agak terlambat, baru November-Desember tanam, berarti panen rayanya pertengahan Febuari sampai Maret," jelasnya. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com