Home » » Jaga Marwah, NU Netral di Pilkada 2018

Jaga Marwah, NU Netral di Pilkada 2018

Written By yun ciamis on 03 February 2018 | 8:15 PM

ciamiszone.com :
CIJEUNJING,- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ciamis menyatakan sikap untuk bertindak netral dalam menyikapi Pilkada serentak 2018, baik untuk Pilbup Ciamis maupun Pilgub Jabar.

Sikap netral tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 142/PC/A.I/D-24/01/2018 tertanggal 31 Januari 2018 dengan tiga poin yang intinya secara kelembagaan PCNU Kab. Ciamis berserta seluruh perangkat kepengurusan dibawahnya menyatakan netral tidak ikut dukung mendukung terhadap seluruh calon peserta Pilkada karena bertentangan dengan khittah NU 1926 dan nilai-nilai mabadi khaira ummah.

Surat edaran yang ditandatangani oleh Rais, Katib, Ketua dan Sekretaris PCNU Kab. Ciamis itu juga menyerukan kepada jajaran pengurus dan anggota nahdiyin yang menjadi kandidat calon atau masuk jajaran tim sukses, agar senantiasa merawat dan menjaga marwah jam’iyyah agar tidak menggunakan simbol-simbol dan atribut NU. Untuk yang sudah terpasang agar segera dibersihkan/ditertibkan.

Poin terkahir, dalam pelaksanana Pilkada 2018 mengimbau warga khususnya nahdliyin Tatar Galuh senantiasa menjunjung tinggi sifat dan sikap tawadlu, akhlakul karimah dan mempererat  jalinan silaturahmi antar sesama demi tetap terjaga dan terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI.


Menyikapi hal itu, Gerakan Pemuda Anshor (GP Anshor) Kab. Ciamis melalui Wakil Ketuanya, Maulana Sidik, menyambut baik sikap netral yang dituangkan dalam SE tersebut.

Sikap organisasi kemasyarakatan pemuda yang berafiliasi dengan NU, menurut Sisik, sangat  menyambut baik kebijakan netral dalam Pillkada yang diambil PCNU karena untuk menjaga marwah NU.

“Netral bukan berarti menutup ruang bagi kader NU untuk terlibat dalam politik, tetapi untuk Pilkada 2018 ini jangan menggunakan atribut apa pun yang melibatkan lembaga NU. Ini merupakan bukti kebebasan dan keterbukaan NU,” tegasnya, Sabtu (03/02/2018) di Sekretariat PCNU Kab. Ciamis.

Dijelaskan Sidik, langkah PCNU sangat bijak, mengingat dalam Pilkada Ciamis melibatkan dua kandidat yang dua-duanya adalah kader NU. Petahana Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin tercatat sebagai Mustasyar (Penasehat/pembina), sementara kandidat lainnya, H. Herdiat sebagai A’wan Syuriyah (anggota pengambila kebijakan/pimpinan teetinggi).

“GP Anshor berharap, siapa pun yang keluar sebagai pemenang Pilkada Ciamis, harus mampu melaksanakan kebijakan yang baik dan berpihak pada masyarakat. Begitu pun bagi pasangan yang kalah harus bisa memberikan kontribusi yang baik untuk pembangunan Ciamis melalui cara dan jalan yang lain,” pungkasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com