Home » » Puting Beliung Terjang Dua Kecamatan, Ratusan Rumah Rusak

Puting Beliung Terjang Dua Kecamatan, Ratusan Rumah Rusak

Written By yun ciamis on 01 February 2018 | 6:36 PM

ciamiszone.com :
RAJADESA,- Ratusan rumah warga dan bangunan pemerintahan di dua kecamatan, yaitu Rajadesa dan Jatinagara Kabupaten Ciamis mengalami kerusakan berpariatif, akibat diterjang angin puting beliung yang disertai hujan, Kamis (01/02/2018) sore.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supriani membenarkan adanya angin puting beliung yang menerjang Kecamatan Jatinagara dan Kecamatan Rajadesa. Berdasarkan informasi di lapangan banyak rumah mengalami kerusakan, berat, sedang dan ringan.

Wilayah yang terdampak paling parah di Desa Jatinagara, beberapa dusun antara lain Dusun Kulon, Dusun Wetan, Dusun Mekarsari, dan Dusun Mulyasari. Sementara di Kecamatan Rajadesa yang terdampak terletak di Desa Sirnabaya dan Desa Sirnajaya.


"Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian tersebut. Setelah mendapat laporan kami langsung menuju lokasi kejadian," kata Ani.

Menurutnya, kerusakan rumah umumnya pada bagian atap karena genting terbawa angin. Banyak juga pohon-pohon besar yang tumbang hingga menimpa rumah dan jalan. Bahkan bukan hanya rumah warga, juga kantor desa rusak pada bagian atap.

"Kator Kecamatan Rajadesa tertimpa pohon. Kantor Desa Jatinagara juga mengalami kerusakan. Untuk total jumlah rumah dan bangunan rusak sampai saat ini masih dalam pendataan," jelasnya.

Diakuinya, saat ini warga secara bergotong-royong dan swadaya memperbaiki rumah yang rusak. Sementara untuk rumah warga yang kerusakannya cukup parah, penghuninya terpaksa sementara waktu mengungsi di rumah kerabat.

"Saat ini belum ditentukan akan membuat tenda pengungsian. Kami masih melakukan pendataan karena memang rumah yang rusak cukup banyak," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Tatat Tati menuturkan saat sedang mengendarai sepeda motor, melihat orang-orang meminggirkan kendaraannya di sekitar kantor kecamatan. Saat sedang berhenti melihat angin berputar dengan diameter cukup besar sambil membawa sampah terbang.

"Saya kaget, beruntung berhenti di kantor kecamatan kalau tidak mungkin terbawa terbang. Alhamdulillah semua selamat," katanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Pantauan di lokasi kejadian, warga tengah memperbaiki atap genting rumah yang terbawa terbang. Jalan Raya Kawali-Rajadesa menjadi ramai dengan lalu lalang kendaraan dan orang sibuk memperbaiki rumahnya masing-masing. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com