Home » » 37,2 % Pemilih Muda Perlu Pemahaman Pentingnya Ikut Pilkada

37,2 % Pemilih Muda Perlu Pemahaman Pentingnya Ikut Pilkada

Written By yun ciamis on 26 March 2018 | 4:51 PM

ciamiszone.com :

UNIGAL,- Untuk meningkatkan partisipasi pemilih muda pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar dan Pilkada 2018 di 16 kabupaten dan kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prpovinsi Jawa Barat bersama Universitas Galuh Ciamis mengggelar workshop ELECTAINMENT ON CAMPUS - ROCK THE VOTE INDONESIA, di Kampus Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Senin (26/3/2018).

Salah seorang Komisioner KPU Jabar, Nina Yuningsih mengatakan, di usia muda antara 17 sd 30 tahun masih labil dalam partisipasi pemilihan, dan ada 37,2 % dibandingkan pada jumlah DPS Pilpres 2014.


“Jumlah ini menunjukan sangat signifikan suara pemilih muda, yang perlu sekali diberikan edukasi atau sosialisasi terkait Pilkada khusunya Pilgub. Untuk itu KPU Jawa Barat berkerjasam dengan 30 Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta se-Jawa Barat mensosialisasikan hal tersebut," atanyaa seraya mengakui, usia muda dianggap masih labil dan rentan hingga perlu diberi pemahanan untuk menguatkan bagaimana pentingnya ikuti berpatisipasi di Pilkada.

Dijelaskan Nina, mengacu pada proyeksi penduduk yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jawa Barat tahun 2015, setidaknya ada 12,2 juta penduduk yang berada pada rentangan usia  17 tahun hingga 30 tahun, atau 28,2 % dari jumlah total penduduk Jawa Barat.

Nani berharap, dengan kegiatan ini dapat meningkat partisipasi pemilih muda, dan pihaknya menargetkan dalam Pilgub bisa mencapai 30% pemilih muda ikut berpartipiasi.

Ketua Panitia Workshop ELECTAINMENT ON CAMPUS - ROCK THE VOTE INDONESIA yang juga Dekan Fakultas FISIP Unigai,  Aan Anwar S, S.H. S.IP. M.Si menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk peran akademisi dalam menyukseskan perhelaatan demokrasi pada tahun politik ini.

“Berlandasaan motivasi mempersiapkan masaa depan bangsa dan negara serta untuk menjaga agar Pilkada gubernur Jabar 2018 dapat berjalan dengan baik, dan menghasilkan output  Pilkada yaang memiliki legitimasi untuk memimpin pemerintahan, maka program pendidikan politik untuk pemilih muda yang cerdas sangat penting dan mendesak untuk dilakukan,” jelasnya.


“Rock the Vote ini adalah belajar demokrasi, belajar politik dan pemilu dirancang dengan metode diskusi di ruang terbuka bersama dengan para tutor mahasiswa dan dosen, baik tingkat sarjana maupun pascasarjana. Ppeserta diajak berdikusi tentang persoalan-persoaalan yang menjadi tantangan pemilu, peserta msisuguhi film dengan judul ‘Pemilih Cerdas’, katanya.


Warkshop yang diikuti oleh sedikitnya 174 mahasiswa itu juga selain menggelar simulasi acara juga diwarnai dengan Deklarasi Pemilih Muda, Pemilih yang Cerdas. (Andik ST)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com