Home » » Gakkumdu, “Kasus Rastra Pilkada Tidak Memenuhi Unsur”

Gakkumdu, “Kasus Rastra Pilkada Tidak Memenuhi Unsur”

Written By yun ciamis on 29 March 2018 | 7:51 PM

ciamiszone.com :

TYARA,- Dugaan terjadinya tindak pidana Pilkada dalam kasus pembagian beras kesejahteraan rakyat (Rastra) di Dusun Gandapura, Desa Janggala Kec. Cidolog yang langsung ditangani Centra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kab. Ciamis, dinyatakan tidak memenuhi unsur pidana.

Gakkumdu menyimpulkan dugaan pelanggaran oleh Ketua RT 005 RW 003 Dusun Gandapura yang diguga melakukan penggiringan masyarakat terhadap salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis nomor urut 2, H. Iing Syam Arifin dan H. Oih Burhanudin dalam program pemerintah yaitu membagikan beras Rastra bukan pelanggaran tindak pidana pemilihan.

Demikian diungkapkan Ketua Tim Gakkumdu yang juga Ketua Panwaslu Kab. Ciamis, Uce Kurniawan didampingi dua komisioner lainnya dalam jumpa pers di Hotel Tyara Ciamis, Kamis (29/3/2018).


Menurut Uce, Centra Gakkumdu yang menangani kasus Rastra ini terdiri dari pihak Panwaslu, Kepolisian dan Kejaksaan yang masing-masing mempunyai pendapat yang setelah disimpulkan ternyata sama dan sepakat terhadap kasus Rasta ini bukan merupakan tindak pidana.

Dijelaskan Uce, kesamaan pandangan diantarannya mengenai pelapor, Panwaslu, Kepolisian dan Kejaksaan menyatakan saksi pelapor tidak memenuhi syarat formal dan tidak memenuhi unsur-unsur pasal yang disangkakan sebagai pelapor dalam tindak pidana pemilihan, karena pelapor bukan orang yang mendengar dan mengetahui secara lansung tetapi mengetahui dari orang lain yang identitasnya tidak diberitahukan.

Sedangkan dari segi barang bukti, Gakkumdu menilai tidak ada dokumentasi saat peristiwa pembagian beras Rastra dan pengiringan salah satu paslon no urut 2, yang ada hanya merupakan dokumentasi setelah peristiwa itu terjadi.

“Selain itu Gakkumdu juga berpendapat tidak adanya persesuaian petunjuk diantara saksi pelapor dengan saksi-saksi lainnya, atau tidak saling mendukug” katanya.

Kesamaan pendapat juga dalam hal liflet, selain liflet pasangan calon no urut 2 H. Iing Syam Arifin-H. Oih Burhanudin yang dibagikan, di rumah terlapor juga ada liflet/stiker paslon lainnya, yaitu paslon no urut 1 Herdiat-Yana D Putra.

“Bahkan menurut pihak kejaksaan, terlapor hanya sebagai pelaksana program pemerintah dalam pembangian beras Rastra, artinya sebelumnya pun terlapor sebagai titik distribusi penyaluran beras Rastra kepada para penerima manfaat. Dan terlapor juga menerima liflet dan stiker dari kedua tim sukses Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis,” paparnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com