Home » » KPU Ingatkan, Pilkada Ciamis Satu Putaran

KPU Ingatkan, Pilkada Ciamis Satu Putaran

Written By yun ciamis on 06 March 2018 | 10:33 AM

ciamiszone.com :

JENDSUD,- Pilkada Serentak 2018 yang digelar di 16 wilayah Kota/Kabuaten di Jawa Barat, dan pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar dilaksanakan hanya satu putaran, tidak ada pemungutan suara ulang terkait dengan perolehan suara.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim mengingatkan kepada seluruh warga Tatar Galuh Ciamis khususnya mereka yang mempunyai hak untuk menyalurkan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 mendatang.

Menurut Kikim, Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar sama sama digelar satu putaran dengan waktu yang bersamaan. Sementara sebelumnya hanya Provinsi DKI Jakarta yang memiliki aturan berbeda. Dalam aturan di Pilgub DKI, putaran kedua bisa terjadi apabila suara calon kepala daerah tidak di atas 50%. Hal tersebut tercantum dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2016.

"Pilkada 2018 satu putaran. UU sudah putuskan satu putaran. Hanya DKI saja yang masih mengatur dua putaran," katanya di Kantor KPU Kab. Ciamis, Jalan Jendral Sudirman, Selasa, (6/3/2018).

Dijelaskannya, untuk Calon Bupati atau Wali Kota, aturan ini tertuang dalam Pasal 107 ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang berbunyi:

Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati terpilih serta pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota terpilih.

Sedangkan aturan terkait Pemiloha Gubernur tertuang dalam Pasal 109 ayat 1 yang berbunyi:

Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur terpilih.

Jadi, hasil perhitungan suara usal pencoblosan pada Pilkada Serentak 2018 tepat pada Rabu, 27 Juni mendatang yang mendapat suara terbanyaklah pemenangnya.

"Intinya, siapa yang perolehan suara terbanyak, dialah pemenangnya,” tegas Kikim. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com