Home » » Panwaslu Tangani 19 Kasus Dugaan Pelanggaran Pilkada

Panwaslu Tangani 19 Kasus Dugaan Pelanggaran Pilkada

Written By yun ciamis on 29 March 2018 | 8:28 PM

ciamiszone.com :

TYARA,- Sampai saat ini, Panwalu Kab. Ciamis menangani sebanyak 19 kasus dugaan pelanggaran Pikada Ciamis 2018, sementara satu kasus lainnya langsung ditangani Gakumdu yaitu kasus “Rastra Pilkada” yang sudah ditetapkan tidak memenuhi unsur pidana pemilihan.

Ketua Panwaslu Kab. Ciamis, Uce Kurniawan mengatakan, 19 belas dugaan pelanggaran tersebut terjadi di 8 kecamatan, diantaranya di Kec. Ciamis paling banyak mencapai 9 kasus, masing-masing dua kasus di Kec. Baregbeg, Sukamantri dan Cipaku, sementara di Kec. Cimaragas, Purwadadi, Cikoneng dan Sindangkasih tercatat masing-masing satu kasus.

Dijelaskan Uce, 19 kasus pelanggaran tersebut diantaranya lima pelanggaran administrasi yang kini sudah ditindaklanjuti dengan sanksi. Selain itu juga melibatkan seorang ASN yang diketahui menghadiri deklarasi pasangan calon dan untuk sansksinya sudah ditembuskan ke Komisi ASN.
Keterlibatan kepala desa juga mewarnai kasus pelanggaran Pilkada, tercatat ada empat kepala desa dan tiga orang perangkat desa, dan sisanya sebanyak enam kasus dinyatakan bukan pelanggaran pemilihan.

Adanya kepala desa dan perangkatnya yang melakukan pelanggaran pemilihan, Uce mengimbau kepala desa dan perangkatnya termasuk juga ASN agar menjaga netralitas dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Ada kekhawatiran kepala desa saat diundang masyarakat yang menghadirkan pasangan calon akan dikategorikan atau dinilai melakukan pelanggaran oleh Panwas. Padahal aturan tidak melarang kepala desa untuk menghadiri undangan masyarakat, yang dilarang itu menghadiri kampanye,” kata Uce usai Jumpa Pers di Hotel Tyara Ciamis, Kamis (29/3/2018).

Intinya, tinggal nilai saja, apakah undangan yang diterima kepala desa itu undangan menghadiri kampanye atau undangan diluar kampanye. Sepanjang itu masuk pada kategori kampanye jangan dihadiri.

“Meskipun undangan tersebut menghadirkan pasangan calon tetapi bukan kampanye dan tidak ada kampanye, ya kenapa tidak sebagai pejabat di wilayah tersebut untui menghadirinya,” tegasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com