Home » » 40 Kobong Ponpes Terbakar, Rugi Capai Rp200 juta

40 Kobong Ponpes Terbakar, Rugi Capai Rp200 juta

Written By yun ciamis on 26 April 2018 | 2:43 PM


ciamiszone.com :

BAREGBEG,- Sebanyak 40 kobong (kamar tidur santri) di Pondok Pesantren (Ponpes) Alfadiliyah Cibeuying, Desa Pusakanagara, Kec. Baregbeg, Kab. Ciamis ludes terbakar, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun kerugian mencapai Rp200 jutaan, Kamis (26/4/2018).

Pimpinan Ponpes Alfadiliyah Cibeuying, KH Asep Muhamad Tohir mengakui, kebakaran terjadi sekira pukul 11.00 yang tiba-tiba saja menghanguskan 40 kobong dan hingga pukul 13.00 api baru bisa dipadamkan dengan menurunkan tim dari Damkar Ciamis.


“Setelah kami telusuri ternyata, api berasal dari salah satu kobong yang dihuni oleh salah seorang santri, awalnya sekira oukul 08.00 dia melihat api di dalam obingnya di lantai dua yang beralasakan papan, namun sata itu berhasil dipadamkan,” katanya.

Dijelaskan KH Asep, api di papan lantai dua yang sebelumnya sudah dipadamkan itu ternyata belum semuanya padam, sehingga pada pukul 11 tadi api membesar dan menghanuskan 40 kobong yang ada.

“Kerugian mencapai Rp200 juta, bangunan lama yang berdeiri sejak 1950-an itu kebetulan belum kami cor, beralasankan papan dan berdinding bambu. Tapi untuk tidur para santri kami masih memiliki bangunan yang baru, jadi untuk sementara kami evakuasi dulu para santri ke bangunan lainnya,” katanya.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, ST, M.Si mengakui, sejak mendapat laporan beberapa saat setelah apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasioanal (HKBN) 2018 di kawasan Islamic Centre (IC) Ciamis, pihaknya angsug menurunkan tim ke lokasi kebakaran.

“Tidak ada korban jiwa, tapi 40 kobong hagus terbakar,” katanya.

Diakuinya, pihaknya juga langsung melakukan koordinasi dengan dnegan Baznas, Bagian Kesra Setda Ciamis dan juga Dinas Sosial untuk melakukan penanganan kebakaran Pontren tersebut lebih lanjut. (Aldi/Andik)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com