Home » » Anggaran BPBD Terbatas, HKBN di Ciamis Diwarnai Penanganan Bencana

Anggaran BPBD Terbatas, HKBN di Ciamis Diwarnai Penanganan Bencana

Written By yun ciamis on 26 April 2018 | 2:18 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasioanal (HKBN) 2018, BPBD Ciamis melaksanakan simulasi evakuasi korban bencana gempa di gedung bertingkat kawasan Islamic Center, Kamis (26/4/2018).

Simulasi yang diperagakan usai apel HKBN 2018 itu diantaranya evakuasi korban yang tertimpa reruntuhan dan evakuasi korban yang terjebak di lantai dua dengan melibatkan PMI, Tim SAR Gabungan, siswa sekolah dan masyarakat.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Dicky Erwin, penanganan bencana oleh BPBD Ciamis saat ini lebih kepada sosalisasi pengurangan resiko bencana, meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat dengan anggaran yang ada, termasuk simulasi.

Hal itu dilakukan mengingat anggaran tanggap darurat BPBD Kab. Ciamis tahun 2018 ini sangat minim, hanya Rp1,7 milyar. Padahal Ciamis termasuk daerah paling rawan bencana, terutama anggin puting beliung, longsor, pergerakan tanah, banjir dan gempa.

Seperti diketahui, berdasarkan indeks kerawanan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kabupaten Ciamis berada di urutan 6 di Jawa Barat, dan urutan 16 dari 494 kota/kabupaten se Indonesia.

"Kami cukup prihatin, padahal Ciamis masuk daerah paling rawan bencana," katanya seraya mengakui, dalam kurun waktu Januari-April 2018 saja terjadi sejumlah bencana angin puting beliung di 19 kecamatan yang menelan total kerugian materil mencapai Rp23 milyar.

Saat ini menurut Erwin, sosialisasi yang dilakukan sebatas ke desa dan sekolah yang memiliki kerawanan bencana, belum menyentuh madrasah dan pesantren. Padahal jumlah pesantren dan madrasah di Ciamis jumlahnya mencapai ratusan.

"Ini karena anggaran yang terbatas, untuk itu kami juga perlu kepedulian dari semua pihak bersama-sama membantu pengurangan resiko bencana," jelasnya.

Upaya lainnya, BPBD melakukan mitigasi bekerjasama dengan beberapa instansi terkait, seperti dinas kesehatan, dinas PU dan lainnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com