Home » » Dinkes Dorong Produk UMKM Berertifikat PIRT

Dinkes Dorong Produk UMKM Berertifikat PIRT

Written By yun ciamis on 30 April 2018 | 1:27 PM

ciamiszone.com :
JEND. A. YANI,- Dinas Kesehatan Kabuapten Ciamis mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengurus sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) sebagai jaminan produknya aman dikonsumsi,


“Sertifikat Depkes dalam makanan ini penting, masyrakat harus paham cara mengolah produknya apalagi produknya diperjualbelikan. Maka Dinas Kesehatan mendorong para pelaku UMKM. Kami yakin masih banyak pelaku usaha dibidang makanan dan minuman yang belum mengantongi sertifikat PIRT,”  kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. H. Engkan Iskandar, MM., saat memberikan penyuluhan keamanan pangan di Aula Hotel Budi Famili, Jalan. Jend. Ahmad Yani, Ciamis, Senin (30/4/2018).


Menurutnya, pelaku UMKM yang mengantongi sertifikat dalam mengurus perizinan usahanya juga akan lebih mudah karena sudah mengantongi sertifikat PIRT.

Hingga kini, pelaku usaha yang mengurus sertifikat PIRT tercatat sebanyak 1.200 pelaku usaha bergerak dibidang usaha makanan dan minuman olahan rumah tangga..

Sebelum mengurus sertifikat tersebut, para pelaku UMKM akan mendapatkan pembinaan tentang Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) sehingga nantinya bisa memenuhi persyaratan untuk mendapatkan sertifikat PIRT.

Menurut Engkan, hal itu harus ditempuh untuk menghasilkan pangan yang bermutu, aman dikonsumsi, memberikan prinsip dasar produksi pangan yang baik, serta mengarahkan industri rumah tangga agar memenuhi berbagai syarat produksi yang baik.

“Tujuan lainnya yakni mendorong pelaku usaha untuk memiliki tempat produksi yang representatif dan bersih. Kami ingatkan mereka, lokasi produksinya juga harus jauh dari tempat pembuangan sampah untuk memberikan jaminan produk makanannya tidak terkontaminasi sesuatu yang berbahaya,” tegasnya.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Casuli,  SKM,  MKM,  mengatakan, dalam persyaratan mendapatkan sertifikat PIRT itu diantaranya,  karyawannya juga harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan serta saat bekerja harus memakai perlengkapan kerja dengan tujuan untuk memberikan jaminan produk yang dihasilkan aman dari berbagai pencemaran.

“Mereka harus mendapatkan penjelasan soal bahan bakunya, serta bahan tambahan makanan yang diperbolehkan,” katanya.

Ia menambahkan, pelaku usaha yang mengurus PIRT juga akan diinspeksi secara mendadak ke tempat usahanya, guna memastikan mereka layak mendapatkan sertifikat tersebut.

Nanti akan dilihat berbagai aspek, antara lain bangunannya, bahan baku yang digunakan untuk membuat makanan atau minuman, tenaga kerjanya, alur produksinya, tingkat kebersihan tempat usaha serta pembuangan limbahnya.

“Hal terpenting, bahan baku yang digunakan harus aman dan kebersihan tempat produksinya sebagai syarat utama menciptakan produk yang higienis,” ujarnya.

Setelah mengantongi izin PIRT, Dinkes Ciamis juga akan melakukan pengawasan dan pembinaan di tingkat produksi di perusahaan maupun di pasarannya. (Andik ST)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com