Home » , » Kesbangpol Jabar Ajak Masyarakat Ikut Serta Upaya P4GN

Kesbangpol Jabar Ajak Masyarakat Ikut Serta Upaya P4GN

Written By yun ciamis on 24 April 2018 | 7:53 PM

ciamiszone.com :

PANGANDARAN,- Dalam rangka peningkatan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan, penyalahgunaan dan peradaran narkotika di Jawa Barat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkotika di Jawa Barat Tahun 2018 di Hotel ArnawaPangandaranSelasa (24/4/2018).

Kabid Ketahanan Ekonomi, Seni, Budaya, Agama dan Kemasyarakatan (Kesbak) Badan Kesbangpol Jawa Barat, H. Murjono, S.H., mengatakan, pihaknya menggandeng BNNK Ciamis menjadi narasumber. Sosialisasi bertemakan "Bersama-Sama Kita Wujudkan Jabar Benar Jawa Barat Bebas Narkotika.

Menurut Murjono, bahaya penyalahgunaan narkoba merupakan masalah yang sangat kompleks yang memerlukan upaya penanggulangan secara menyeluruh dan perlu adanya kerja sama semua pihak. Tidak hanya BNN ataupun aparat penegak hukum semata, namun semua pihak harus bersama-sama berupaya untuk membantu meminimalisir penyalahgunaan narkoba.

Penyalahgunaan narkoba/narkotika tidak hanya di kota-kota besar saja tetapi sudah sampai ke kota-kota kecil hampir ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari tingkat sosial ekonomi menengah, bawah sampai tingkat sosial ekonomi atas, dari mulai orang dewasa sampai anak kecil yang sudah menjadi korbannya,” katanya.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan yaitu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Ketua RT dan RW terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Selain itu juga untuk mengurangi tingkat peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Jawa Barat melalui peran aktif masyarakat seperti Ketua RT dan RW yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Merupakan potensi besar apabila dapat diberdayakan dengan baik aka menjadi kekuatan yang besar dan efektif dalam upaya P4GN berbasis ketahan masyarakat,” jelasnya dihadapan 100 orang peserta terdiri dari pengurus Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dari Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kota Tasikmalaya.

Sementara Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, S.H., dalam paparan materinya berjudul “Peran dan Fungsi BNN dalam Upaya P4GN” menjelaskan, permasalahan narkoba di Indonesia terus meningkat, salah satu sebabnya adalah kurangnya daya mobilisasi gerakan penanganan narkoba.

“Pemerintah memiliki keterbatasan sumber daya sehingga perlu pelibatan seluruh komponen untuk berperanserta dalam penanganan narkoba, maka perlu upaya menggalakkan pendayagunaan sumber daya seluruh komponen harus dilakukan secara berkelanjutan,” kataya.

Sesuai pasal 104 UU Narkotika No. 35/2009 tentang PERAN SERTA, masyarakat diberikan ruang seluas-luasnya utk berperan serta aktif dalam upaya P4GN.

Menurut Yaya, Bidang Pemberdayaan Masyarakat harus terus berupaya mewujudkan peningkatan partisipasi stakeholder dan masyarakat dalam P4GN, serta memberi wadah peran serta masyarakat dalam P4GN dan  berupaya menciptakan lingkungan bebas narkoba.

Selain itu juga guna memutus jaringan sindikat narkoba, bidang pemberdayaan masyarakat harus melakukan pembinaan pada kawasan rawan narkoba baik di perkotaan maupun di pedesaan,” tegasnya.

Menanggulangi masalah narkoba bisa dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, serta lingkungan kerja baik pemerintah dan swasta secara bersama-sama menginformasikan tentang narkoba dan permasalahannya dengan harapan memiliki pemahaman, kesadaran dan memilki sikap menolak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dijelaskan Yaya, strategi yang dilakukan dengan cara mendorong peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan masyarakat bebas narkoba, membangun dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba(cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com