Breaking News

Polres Ciamis Amankan Polisi Gadungan Berpangkat AKP

ciamiszone.com :

MAPOLRES,- Setelah berhasil menggaet janda cantik beranak satu dan menguras hartanya mencapai Rp30 juta, seorang polisi gadungan, DIF alias Asep (41) yang mengaku berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) bertugas sebagai anggota Satuan Narkoba Unit 7 Polda Jabar, terpaksa berurusan dengan Polres Ciamis untuk mempertanggungjawabkan dugaan tindak pidana penipuan.

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, SH, S.Ik, MH, kepada wartawan dalam Jumpa Persnya, Jumat (6/4/2018) di Mapolres Ciamis mengatakan, tersangka ditangkap berawal dari laporan masyarakat yang menerangkan di daerah Cilame Kel/Kec/Kab Ciamis ada yang mengaku anggota kepolisian bertugas di Polda Jabar, namun setelah ditindaklanjuti, ternyata dia adalah polisi gadungan, dan anggota Reskrim Polres Ciamis pun melakukan penangkapan terhadap tersangka untuk dimintai keterangan lebih lanjut di Mapolres Ciamis.


Tersangka yang diketahui warga Karanggedang Kel/Kec/Kab Ciamis itu sebenarnya berprofesi sebagai sopir, sebelumnya berkenalan dan menjalin komunikasi melalui media sosial (medsos) Facebook (FB) dengan YN, warga Cilame Kel/Kec/Kab Ciamis, yang kini jadi istri sirihnya sejak lima bulan terkahir.

Menurut Kapolres, modusnya yang dilakukan tersangka yaitu mengaku sebagai anggota kepolisian dan memperlihatkan berbagai atribut dan juga sepucuk senjata api (senpi), hingga korban YN percaya dan sepakat melangsungkan pernikahan siri meski tanpa ada saksi dari keduabelah pihak.

Diperoleh keterangan, setelah melakukan pernikahan siri, tersangka meminjam uang Rp15 juta kepada YN, lalu korban juga rela menjual motor dan handphone-nya untuk memenuhi keinginan tersangka hingga korban mengalami kerugian mencapai Rp30 juta.

Dijelaskan Kapolres, sebetulnya korban sempat menaruh curiga terhadap  tersangka atas pengakuannya sebagai anggota kepolisan, karena senpi berupa pistol tersangka sempat tertinggal di kamarnya, namun ketika diperiksa oleh korban yang juga istri sirinya itu, teryata hanya sebuah pistol mainan.

Dari tangan korban, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa kaos Trun Black Cream, pistol mainan, lencana polisi palsu, kartu anggota kepolisian palsu, SIM A, KTP dan ATM atas nama tersangka.

“Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 378 jo 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” kata Kapolres. (Andik ST/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments