Breaking News

Polres Ciamis Bekuk Komplotan Curanmor Antar Kabupaten

ciamiszone.com :

MAPOLRES,- Jajaran Sat Reskrim Polres Ciamis berhasil mengamankan tiga orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), mereka juga termasuk komplotan curanmor antar kabupaten.

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, SH, S.Ik, MH saat ekpose kasus di Mapolres Ciamis, Jumat (13/4/2018) menjelaskan, ketiga pelaku tersebut antara lain, Bo alias Abah (51), warga Cidudut Desa Hambaro, Kec. Nanggung Kab. Bogor, HA alias Boski (32) warga Ciherang Kelurahan Cigantang, Kec. Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, dan Hen (35) warga Lembursawah Desa Karang Kamiri, Kec. Langkaplancar Kab. Pangandaran.

“Ketiganya digelandang ke Mapolres Ciamis dengan kasus tindak piidana pencurian dengan pemberatan, mereka diamankan setelah beraksi menggondol sebuah kendaraan roda empat merk Mitsubishi pick up T 120 SS  warna hitam dengan nomor polisi Z 8319 WO,” katanya.


Menurut Kapolres, pada Februari 2018, para pelaku berangkat dari tempat kontrakannnya di kawasan Kec. Kawali, Kab. Ciamis untuk melakukan operasi pencurian dengan mengunakan kendaraan roda 4 merk Toyota Avanza warna putih.

Di daerah Cihaurbeuti, para pelaku melihat ada kendaraan yang diparkir di halaman sebuah toko, dan mereka pun langsung beraksi mencuri kendaraan tersebut dengan merusak kunci pintu mobil, dan menggunakan kabel kontak untuk menghidupkan mobil tersebut setelah merusak soketnya.

“Setelah berhasil membawa kabur mobil curiannya, pelaku menjualnya di daerah Cikatomas, Kab. Tasikmalaya dengan harga Rp 7 juta, sedangkan pembelinya masih kami buru dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” kata Kapolres.

Dijelaskan Kapolres, para pelaku ditangkap setelah pihaknya melakukan penyelidikan perkara pencurian kendaraan bermotor yang mengarah kepada tiga pelaku tersebut yang mengontrak sebuah rumah di kawasan Kec. Kawali.

Selain pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti empat buah kunci T, satu buah kunci sok Y, dua buah soket kabel, satu buah kunci tang, satu tali rapia, satu unit kendaraan roda empat Toyota Avanza warna putih yang digunakan sebagai kedaraan operasional dalam tindak kejahatan. Dan satu unit kendaraan roda empat merk Mitsubishi pick up T120SS warna hitam dengan No polisi Z 8319 WO yang dicuri pelaku.

Dari hasil interogasi, para pelaku tersebut mengakui sudah melakukan pencurian ranmor di sejumlah tempat, diantaranya pada bulan Desember 2017 berhasil menggondol satu unit kendaraan Suzuki Futura di kawasan Maleber Kec. Ciamis dan Mistsubishi Colt T 120 SS hitam di Kec. Cikoneng, Kab, Ciamis.

Operasi serupa dilakukan pada Januari 2018 dan berhasil mencuri satu unit kendaraan Mistsubishi Colt T 120 SS hitam yang juga didapat dari daerah Kec. Cikoneng, Kab. Ciamis. Sedangkan bulan Februari mereka juga berhasil menggondol dua unit kendaraan sejenis di Kec. Lumbung warna hitan dan di Kec. Cijeungjing warna putih.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 ke 4e dan ke 5e KUHP dengan ancaaman hukuman 9 tahun penjara. (Andik ST)*

Post a Comment

0 Comments