Home » » Usaha Kerupuk Ciamis Terancam Bangkrut

Usaha Kerupuk Ciamis Terancam Bangkrut

Written By yun ciamis on 11 April 2018 | 2:14 PM


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Karena sulitnya mendapatkan bahan baku kerupuk, sejumlah pelaku usaha atau pengrajin kerupuk di Ciamis terancam bangkrut bahkan saat ini ada yang terpaksa berhenti berproduksi menjalankan usahanya. Kelangkaan bahan baku ini sudah dirasakan oleh puluhan pelaku pengrajin kerupuk di Ciamis hampir lebih dari empat bulan lalu.

Salah seorang pengrajin kerupuk di Kampung Majalaya, Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis, Dedy Kusmayadi mengakui, dengan kelangkaan bahan baku mengakibatkan terhambatnya produksi kerupuk yang digelutinya sejak empat tahun lalu.

Dijelaskan Dedy, usaha produksi kerupuk yang memperkerjakan 18 orang itu, kini hampir gulung tikar, pasalnya bahan baku yang ada di pasaran harganya sudah tidak wajar.

“Harga setandar aci perkilo dulunya hanya Rp6.000,- hingga Rp7.000,- , namun harga kini bahan baku tersebut sudah mencapai Rp10 ribu. Ini sangat memberatkan kami sebagai pengrajin kecil, sementara harga jual kerupuk mentah (babangi) dipatok Rp12.500 perkilonya,” kata Dedy kepada ciamiszone, Rabu (11/4/2018).

Untuk menyiasatinya, Dedy terpaksa memperkecil cetakan kerupuk, namun untuk bahan dan rasa tidak dikurangi.

“Rasa kami pertahankan karena rasa itu sudah menjadi image tersendiri bagi kerupuk yang bermrek MS ini, sementara pemasaran sampai saat ini tak menjadi kendala, meskipun terjadi kelangkaan bahan baku, bahkan permintaan pasar sangat tinggi,” jelasnya.

Ditambahkan, dalam satu hari pihaknya baru bisa memproduksi 1,5 ton aci untuk menghasilkan 1,7 ton kerupuk, ini tak mencukupi kebutuhan pasar yang selama ini produksinya dikirim ke wilayah Jagodetabek dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

"Saya berharap pemerintah dapat secepatnya turun tangan dalam mengatasi kelangkaan aci sebagai bahan baku kerupuk tersebut, karena langkanya aci ini menjadikan harga di pasaran menjadi mahal. Saat ini kami rasakan sampai merugi hingga 65 persen,” jelasnya. (Andik ST)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com