Home » » Rambu Lalin Banyak Tak Berfungsi, Formagat Geruduk Dishub

Rambu Lalin Banyak Tak Berfungsi, Formagat Geruduk Dishub

Written By yun ciamis on 02 May 2018 | 12:48 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Sebagai upaya antisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas) akibat sejumah rambu-rambu banyak yang rusak dan bahkan tidak berfungsi dengan baik, Forum Mahasiswa dan Pemuda Galuh Tabayun (Formagat) meggeruduk kantor Dinas Perhubungan Kab. Ciamis, Rabu (2/5/2018).

Ketua Formagat, Ade Ainul Yakin mengatakan, kedatangannya ke Dishub Ciamis untuk keduakalinya mempertanyakan kinerja Dishub terkait keberadaan rambu-rambu di beberapa titik di Ciamis Kota yang tidak berfungsi.

“Bukan hanya trafickligth yang sering tidak berfungsi tetapi sejumlah Penerangan Jalan Umun (PJU) pun banyak yang rusak sehingga sangat mengganggu pengendara dan mengakibatkan banyak kecelakaan,” kata ade.


Tidak hanya itu, kondisi terminal bayangan di kawasan Pasar Manis Ciamis pun menjadi sorotan Formagat karena dinilai sangat mengganggu ketertiban lalulintas dan keberadaannnya dikhwatirkan mengakibatkan terjadi kecelakaan. 

“Kedatangan kami keduakalinya ini kembali mempertanyakan rambu-rambu, tapi kenapa pihak Dishub terkensan tidak mempedulikannya. Kami berharap Dishub segera menanganinya agar tidak ada lagi kecelakaan lalulintas akibat rambu-rambu yang tidak berfungsi, seperti di kawasan Jalan Ahmad Yani,” kata Ade seraya menambahkan, jika memang sudah tidak berfungsi seharusnya ada pemberitahuan minimal berupa papan pengumuman seingga pengendara akan lebih berhati-hati.

Menanggapi hal itu, Sekertaris Dishub Ciamis, H. Edy Yulianto didampingi Kabid Lalin, Ahmad Yani mengakui, pihaknya banyak menerima pengaduan serupa dari masyarakat baik terkait traficklight atau pun PJU, namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena keberadaan traficklight tersebut adalah kewenangan Pemprov Jabar.

“Jalan Jendral Ahmad Yani adalah jalan nasional dan penanganan rambu-rambunya bukan kewenangan kami tapi kewenangan provinsi, tapi untuk keselamatan pengendaran kami sudah memperbaikinya,” kata Edy.

Dijelaskan Edy, ketika ada rambu-rambu yang rusak pihaknya pun cepat bergerak melakukan koordinasi dengan provinsi, bahkan pihakanya sudah megajukan pergantian beberapa titik yang rusak.

“Mudah-mudahan dalam tahun ini traficklight yang rusak atau pun eror bisa kami tangani dan diganti dengan yang baru,” katanya.

Sedangkan terkait PJU di wilayah perkotaan pun pihanya mengakui masih banyak yang padam karena rusak, namun pihaknya terus melakukan perbaikan dengan kondisi anggaran yang ada.

“Tiap tahunnya kami hanya bisa memperbaiki sekitar 500 titik PJU yang rusak dari sebanyak 1000 PJU. Kendalanya kembali pada anggaran, apalagi kami hanya memiliki satu unit armada khusus padahal kami harus melakukan pemeliharaan di 27 kecamatan yang ada di Kab. Ciamis,” jelasnya.

Mengenai keberadaan terminal bayangan, Edy mengakui, pihaknya sudah membahasnya di forum lalulintas dan akan terus berkoordinasi bersama para awak angkutan umum. Jika masih tidak menemukan solusi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP dan kepolisian.

“Keberadaan terminal bayangan bukan sepenuhnya kewenangan kami, jadi untuk penertibannya kami akan berkoordinasi dengan Satpol PP dan kepolisian,” pungkas Edy. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com