Breaking News

Dishub Pantau Kelaikan Angkutan Lebaran, Enam Unit Dinyatakan Tidak Layak Jalan

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Untuk meminimalisir sejumlah kecelakaan di musim lebaran tahun ini yang diakibatkan ketidaklaikan kendaraan angkutan lebaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, terus melakukan pemantauan terhadap kendaraan angkutan lebaran yang melintas di Terminal Bus Ciamis, Senin (11/6/2018).

Pada H-4 ini, petugas Dishub Ciamis sibuk memeriksa kendaraan angkutan lebaran satu persatu. Hasil pemeriksaan sementara sampai siang ini, tercatat ada enam kendaraan yang dinyataan tidak layak jalan karena diduga menggunakan ban vulkanisiran.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, H. Eddy Yulianto, semua kendaraan angkutan lebaran yang melintasi Terminal Bus Ciamis akan dicek phisik, apakah layak beroprasi atau tidak. Bila kendaraan tidak layak untuk beroprasi Dihsub Ciamis akan memberi sanksi.


"Pemeriksaan ini sebagai upaya pencegahan terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan saat mengangkut pemudik. Salah satu penyebab kecelakaan itu karena factor ketidaklaikan, seperti pada rem yang tidak berfungsu dengan baik. Selain itu faktor human error pun bisa menjadi penyebab dengan ugal-ugalannya para sopir,” kata Eddy.

Dijelaskan Eddy, keselamatan di jalan sudah menjadi tanggungjawab bersama, sehingga sudah seharusnya para sopir dan kendaraannya dengan kondisi baik.

Pihaknya berharap, perusahaan otobus memperhatikan kendaraannya yang digunakan untuk angkutan lebaran, selain kendaraannya yang laik jalan, para awaknya pun harus dalam keadaan sehat.

"Pastikan kondisi kendaraan laik jalan, sebelum berangkat minimal periksa rem utama, lampu, wiper, speedometer dan kelengkapan kendaraan lainnya,” katanya. (Aldi)*

Post a Comment

0 Comments