Home » » Dishub Test Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran

Dishub Test Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran

Written By yun ciamis on 06 June 2018 | 5:23 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Untuk memastikan kondisi awak bus angkutan Lebaran tahun ini sehat selama dalam perjalanan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis melakukan tes kesehatan umum di Terminal Ciamis, Rabu (6/6/2018).

Sekretaris Dinas Perhubungan Kaboaten Ciamis, H. Eddy Yulianto mengaui, pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan saat mengangkut pemudik, karena salah satu penyebab kecelakaandiakibatkan oleh faktor human error dari awak angkutan.

Awa angkutan yang ditest kesehatan unumnya sopir bus antar kota dalam provinsi (AKDP). Teknisnya, setiap sopir bus yang masuk Terminal Ciamis langsung dilakukan tes tekanan darah dan kesehatan umum lainnya. Mereka dipersilahkan melanjutkan perjalanan setelah dinyatakan sehat.

"Kepada sopir yang kondisinya dinyatakan kurang sehat, kami memperingatkan mereka kurang istirahat sehingga disarankan agar diganti dengan sopir cadangan yang kondisinya sehat," katanya.

Dijelaskan Eddy, keselamatan di jalan sudah menjadi tanggungjawab bersama, sehingga sudah seharusnya para awak angkutan menjaga kondisi kesehatannya. Begitu juga dengan perusahaan Otobus diharapkan ikut memerhatikan kesehatan para sopirnya.

“Pastikan kesehatan awaknya tidak dalam pengaruh obat-obatan, begitu juga juga kelaikan kendaraannya, sebelum berangkat harus diperiksa minimal rem utama, lampu, wiper, speedometer dan kelengkapan kendaraan lainnya,” tagas Eddy seraya mengakui, tess kesehatan tersebut akan terus dilaksanakan bekerjasama dengan beberapa instansi seperti Dinas Kesehatan, BNNK dan Kepolisian, terutama pada H-7 mendatang. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com