Home » » Quick Count Fantastis, HY Menang Telak 61,14%

Quick Count Fantastis, HY Menang Telak 61,14%

Written By yun ciamis on 27 June 2018 | 9:20 PM

ciamiszone.com :

TYARA,- Pasangan Calon Bupati Ciamis dan Wakil Bupati Ciamis nomor urut 1, DR. H. Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra (HY) dinyatakan menang telak atas pasangan incumbent, H. Iing Syam Aifin dan H. Oih Burhanudin pada Pilkada Ciamis 2018, Rabu (27/6/2018).

Pernyataan tersebut diungkapkan Peneliti Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Fadli Fahri Fauzan dalam Konferensi Pers Quick Count Pilkada Ciamis 2018 di Hotel Tyara, Rabu (27/6/2018) malam ini.

Menurut Fadli, LSI bekerjasama dengan Jaringan Isu Publik (JIP), dan  Survei Strategi IndonĂ©sia (SIGI) menetapkan HY sebagai pemenang Pilkada Ciamis dengan perolehan suara mencapai 61,14% sementara incumbent hanya 38,86%. Suara tersebut diperoleh dari hasil pengolahan sampel data di 250 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 27 kecamatan.


Diakuinya, dari data yang masuk sampai pukul 20:30 tercatat sudah 97.20%, namun pihaknya berani mempublikasikan karena dipastikan sisa data yang mausk tidak akan mempengaruhi hasil pemenang Pilkada Ciamis.

“Meski mencapai 100%, pemenangnya tetap Pasangan Herdiat-Yana dengan margin error plus minus satu persen. Ini dibuktikan dari hasil kerja kami lebih dari 400 kali melakukan Quick Count di berbagai Pilkada di tanah air, hasilnya tepat tidak ada yang meleset. Jadi kami memastikan Ciamis akan memiliki pemimpin baru,” katanya.

Dijelaskan Fadli, hasil Quick Count Pilkada Ciamis ini HY mengungguli seluruh daerah pemilihan (enam Dapil), hanya saja dari 27 kecamatan ada dua kecamatan yang suaranya kalah, yaitu di Kecamatan Sinangkasih hanya memperoleh suara 47,35% dan Kec. Cidolog 45,63%, sementara Kecamatan Kawali mencatat prosentase suara terbanyak mencapai lebih dari 80%.
“Ini kemenangan fantastis selama LSI melakukan Quick Count, karena lawan pasangan HY adalah incumbent yang notabene sudah 10 tahun berkuasa,” tegas Fadli.


Diakuinya keunggulan HY tidak terlepas dari hasil survey LSI dua bulan lalu dengan tujuh alasan utama, diantaranya karena tingkat kesukaan sosok person dan pasangan yang terus berinteraksi dengan masyarakat, ada harapan munculnya Bupati baru dan lebih mampu menyelesaikan masalah. Selain itu keberadaan parpol pendukung bukan menjadi pertimbangan tapi visi misi pasangan HY menjadi pertimbangan, termasuk pendidikan Herdiat yang menyandang gelar doktor.

Selain itu, diakui Fadli, dalam Pilkada Ciamis 2018 terjadi meningkatan partisipasi masyarakat yang mampu mencapai 75,19%, sementara Pemilu sebelumnya kurang dari 70%.

Sementara Ketua Tim Pemenangan Pasangan HY, H. Mamat Rahmat mengakui, pihaknya jauh sebelumnya sudah meyakini kemenangan HY, karena satu kekompakan di Tim HY yang terus bergerak untuk memenangkan Plkada Ciamis 2018.

“Sebelumnya saya sudah tegaskan, tunggu hasilnya tanggal 27 Juni setelah magrib, kami akan menerima kabar kemenangan Pilkada, Alhamdulillah ini terbukti,” tegasnya.

Duakui Mamat, meskipun HY unggul namun pihaknya tetap tidak akan bereforia berlebihan, menahan diri, karena menghormati pasangan lain dan KPU sebagai penyelenggara.

Kekompakan satu untuk semua akan terus terjaga dan pihaknya memohon agar semua kompak, mendukung dan mendorong untuk Ciamis lebih baik.

“Jika bukan oleh orang Ciamis, siapa lagi untuk Ciamis lebih maju. Saat ini kami sangat puas dan mengucapkan selamat atas kemenangan HY,” katanya.
Dalam kesempatan itu, Mamat juga mengakui, dengan kemenangan HY, untuk mengisi kekosongan sambil menuggu proses pelantikan yang masih jauh, HY akan terjung langsung ke lapangan menemui masyarakat.

“Tadi Pa Herdiat sudah menyatakan kesiapannya, selama menunggu pelantikan dirinya  akan terjun langsung ke lapangan untuk lebih memahami apa yang ada di Ciamis, sebagai bahan-bahan tambahan masukan untuk menjalankan program lima tahun kedepan,” pungkasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com