Breaking News

8 Korban Ledakan Pabrik Kayu, 2 Dirujuk ke RS Margono, 1 ke RSHS Bandung

ciamiszone.com :

CIJEUNGJING,- Ledakan terjadi di sebuah pabrik pengolahan kayu lapis, PT Korean Business Network (KBN) di Dusun Sukasenang RT 02 RW 10, Desa Bojongmengger, Kecamatan  Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/7/2018) malam. Kejadian tersebut mengakibatkan delapan orang terpaksa dilarikan ke RSUD Ciamis dengan luka bakar diatas 50 persen.

Berdasarkan pantauan di lapangan, dari delapan korban tersebut dua diantaranya adalah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis yang sedang menjalankan tugas.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Ciamis, Ani Supiani, ST, M.Si membenarkan adanya delapan korban luka bakar, dua diantaranya anggota Satgas Pusdalops atas nama Erik Risnandar dan Dian Rahayu, semenara enam korban lainnya adalah kayawan PT KBN.


“Ada tiga korban yang mengalami luka bakar cukup serius, yaitu atas nama Hilman (Ilal) dan Arif, keduanya karyawan PT KBN segera dirujuk ke RS Margono Banyumas dan Erik Risnandar anggota Satgas Pusdalops dirujuk ke RSHS Bandung,” kata Ani kepada ciamiszone, Minggu (22/7/2018) dinihari.

Diakui Ani, ketiga korban sebelumnya dirujuk ke RS Margono Banyumas, namun pihak kekuarga atas nama korban Erik meminta dirujuk ke RSHS Bandung. Sementara korban lainnya tetap ditangani RSUD Ciamis.

Kejadian berawal dari terbakarnya tungku pembakaran di pabrik pengolahan kayu Sabtu malam pukul 20:30, dan petugas pemadam kebarakan pun turun melakukan pemadaman dibantu petugas BPBD dan karyawan PT KBN untuk mengevakuasi sejumlah material mesin-mesin pengopenan.


Sampai pukul 22.30 petugas berhasil menjinakan sebagian besar api yang menjilat pabrik tersebut, namun diduga masih ada titik api di dalam tungku dan petugas BPBD pun melakukan evakuasi mengeluarkan serbuk-serbuk kayu tersbut mengingat serbuk kayu mudah terbakar, diduga kebakaran terjadi akibat percikan api yang keluar dari tungku.

Namun pada pukul 23.00 terjadi ledakan dari tungku dan mengakibatkan dua petugas BPBD yang sedang mengevakuasi serbuk-serbuk kayu pun terbakar, begitu juga dengan enam korban lainnya sehingga dilarikan ke RSUD Ciamis dan sampai pukul 02.00 kedelapan korban masih ditangani di Ruang IGD. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments